Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

ASUHAN KEBIDANAN PADA AN.I UMUR 1 TAHUN 10 BULAN DENGAN BRONCHOPNEUMONIA DI RUANG SOKA RSUD HJ ANNAH LASMANA BANJARNEGARA TAHUN 2016

XML
Pengarang
Riski Fahmi Amalia Putri - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2016
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

Stikes Harapan Bangsa Purwokerto
Program Studi Kebidanan D3 Purwokerto
2016

INTISARI

Putri RFA1 , Utami T2 , Ulfah M3

ASUHAN KEBIDANAN PADA AN.I UMUR 1 TAHUN 10 BULAN
DENGAN BRONCHOPNEUMONIA DI RUANG SOKA
RSUD HJ ANNAH LASMANA BANJARNEGARA
TAHUN 2016

12 i + 98 hal + 3 tabel + 17 lamp

Latar Belakang : Anak balita merupakan salah satu populasi paling berisiko terkena bermacam gangguan kesehatan. Menurut WHO kematian balita disebabkan oleh pneumonia (15%), diare (9%), dan malaria (7%). Data Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2015 menyebutkan penemuan pneumonia pada balita sebanyak 657.490 balita (29.47%) dengan jumlah kematian sebanyak 496 balita. Data profil Kesehatan Jawa Tengah Tahun 2014 menyebutkan penemuan pneumonia pada balita sebanyak 71.451 (26.11%). Berdasarkan catatan rekam medik RSUD Hj Annah Lasmana Banjarnegara tahun 2015 terdapat balita dengan pneumonia sebanyak 313 (pneumonia 9, bronchopneumonia 304) (30.09%) balita, dengan kematian karena pneumonia sebanyak 1 bayi. Pneumonia merupakan inflamasi pada parenkim paru dan umumnya pneumonia pada masa anak digambarkan sebagai bronchopneumonia. Peran bidan dalam menanggulangi pneumonia pada balita antara lain dengan MTBS di tingkat puskesmas dan di Rumah Sakit berkolaborasi dengan dokter SpA dalam memberikan asuhan.
Tujuan : Melaksanakan asuhan kebidanan pada An.I umur 1 tahun 10 bulan dengan bronchopneumonia di RSUD Hj Annah Lasmana Banjarnegara menggunakan pendekatan manajemen kebidanan secara komprehensif sesuai 7 langkah varney.
Metode : Studi kasus dilaksanakan tanggal 18-21 April 2016 di ruang Soka RSUD Hj Annah Lasmana Banjarnegara pada An.I umur 1 tahun 10 bulan dengan bronchopneumonia, dilakukan pengumpulan data melalui wawancara, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang, dan observasi.
Pembahasan : Asuhan kebidanan yang diberikan pada An.I umur 1 tahun 10 bulan dengan bronchopneumonia antara lain asuhan mandiri dan asuhan kolaborasi berdasarkan advis dokter SpA. Pada kasus tersebut peneliti telah memberikan asuhan yang komprehensif sesuai kebutuhan.
Simpulan: Setelah diberikan asuhan kebidanan selama 4 hari dan dievaluasi maka diperoleh hasil yang maksimal dengan bukti tidak adanya komplikasi, dan An.I dalam kondisi baik. Pada kasus ini terdapat kesenjangan antara di lahan dan teori yaitu di lahan tidak dilakukan suction, perawatan mulut dan pemeriksaan lab sputum.

Kata kunci : Asuhan Kebidanan, Balita, Pneumonia
Pustaka : 39 pustaka (tahun 2006 s/d 2015)

1) Mahasiswa Prodi Kebidanan D3
2) Pembimbing 1 Prodi Kebidanan D3
3) Pembimbing 2 Prodi Kebidanan D3

Asuhan kebidanan
balita
pneumonia

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1846
APA Citation
Riski Fahmi Amalia Putri. (2016). ASUHAN KEBIDANAN PADA AN.I UMUR 1 TAHUN 10 BULAN DENGAN BRONCHOPNEUMONIA DI RUANG SOKA RSUD HJ ANNAH LASMANA BANJARNEGARA TAHUN 2016. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/