Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

ASUHAN KEBIDANAN PADA BALITA SEHAT AN.D UMUR 24 BULAN 3 HARI DI PUSKESMAS BANJARNEGARA 2 TAHUN 2017

XML
Pengarang
Siti Ajianah - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2017
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

Balita merupakan istilah umum bagi anak usia 1-3 tahun (batita) dan anak prasekolah usia 3-5 tahun (prasekolah). Masa balita merupakan periode penting dalam proses tumbuh kembang manusia. Masa tumbuh kembang di usia ini merupakan masa yang berlangsung cepat dan tidak akan pernah terulang, karena itu sering disebut golden age atau masa keemasan (Anggraeni dan Sutomo, 2010). Menurut Marimbi (2010), Balita merupakan masa yang membutuhkan perhatian ekstra baik bagi orang tua maupun bagi tenaga kesehatan. Perhatian harus diberikan pada pertumbuhan atau perkembangan, status gizi, sampai pada kebutuhan akan imunisasi.
Hasil penelitian Febrina dan Prasetya, tahun 2015 yang berjudul “Pengaruh Pemberian Stimulasi Pada Perkembangan Anak Usia 12-36 Bulan di Kecamatan Sedaya, Bantul” periode penting dalam proses tumbuh kembang anak adalah masa lima tahun pertama kehidupan individu (the golden period). Stimulasi mempunyai peran penting untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak, terutama fungsi kognitif, afektif dan psikomotor. Stimulasi dari orang tua serta status gizi merupakan dua faktor yang memengaruhi tumbuh kembang anak. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan positif yang kuat dan signifikan antara stimulasi tumbuh kembang dengan perkembangan anak usia 1-3 tahun di Kecamatan Sedayu.

Gambaran tingkat kesehatan balita yaitu dengan pencapaian angka kematian balita (AKABA) menggambarkan tingkat permasalahan kesehatan balita, tingkat pelayanan KIA/Posyandu, tingkat keberhasilan program KIA/Posyandu dan kondisi sanitasi lingkungan. Angka kematian balita (AKABA) Provinsi Jawa Tengah tahun 2015 sebesar 11,64 per 1.000 kelahiran hidup, mengalami peningkatan dibandingkan AKABA tahun 2014 yaitu 11,54 per 1.000 kelahiran hidup lingkungan (Dinkes Jateng, 2015).
Salah satu indikator dalam mencapai target Sustainable Development Goals (SDGs) pada tahun 2030 adalah menurunkan angka kematian balita (AKABA) 25/1000 kelahiran hidup (SDKI, 2012). Data tahun 2015 menunjukan Angka Kelahiran hidup balita (1-4 tahun) di Indonesia yaitu sebanyak 23.960.310 kelahiran hidup (Kemenkes RI, 2015). Pada tahun 2015 data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Banjarnegara didapatkan angka kelahiran hidup di Kabupaten Banjarnegara yaitu sebanyak 15.798 kelahiran hidup dan di Puskesmas Banjarnegara 2 yaitu sebanyak 521 kelahiran hidup (Dinkes Banjarnegara, 2015).
Berdasarkan pra survei di Puskesmas Banjarnegara 2 pada tanggal 1 Desember 2016 jumlah balita pada bulan November 2016 sebanyak 2.090 anak. Pelayanan kesehatan pada balita berupa layanan tumbuh kembang, imunisasi, pemberian MPASI sampai dengan 2 tahun. Pemantauan tumbuh kembang sudah dilaksanakan menggunakan Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK), hal ini dibuktikan dengan jumlah balita yang berstatus gizi baik sejumlah 2.051 anak, sedangkan terdapat beberapa balita yang mengalami gizi kurang sejumlah 27 anak, Gizi buruk sejumlah 12 anak, layanan cakupan imunisasi pada balita dengan booster campak 28 anak, akan tetapi yang melakukan imunisai booster campak 25 anak. Hal ini menjadi perhatian penting untuk dilakuan asuhan pada balita, upaya bidan dalam asuhan balita berupa pemantauan tumbuh kembang dan imunisasi yang bertujuan untuk mencegah terhadap angka kematian balita.
Berdasarkan masalah tersebut, maka penulis tertarik untuk mengambil dan menyusun Karya Tulis Ilmiyah dengan judul “Asuhan Kebidanan pada Balita sehat An.D umur 24 bulan 3 hari di Puskusmas Banjarnegara 2 Tahun 2017”.

Asuhan Kebidanan Pada Balita Sehat

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1891
APA Citation
Siti Ajianah. (2017). ASUHAN KEBIDANAN PADA BALITA SEHAT AN.D UMUR 24 BULAN 3 HARI DI PUSKESMAS BANJARNEGARA 2 TAHUN 2017. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/