Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU HAMIL NY.S UMUR 28 TAHUN G2P1A0AH1 UMUR KEHAMILAN 6 MINGGU 3 HARI DI PUSKESMAS SOKARAJA 1 KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2017

XML
Pengarang
Faradila Nurul Suci - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2017
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

Hamil adalah suatu masa dari mulai terjadinya pembuahan dalam rahim seorang wanita terhitung sejak hari pertama haid terakhir sampai bayinya dilahirkan. Kehamilan terjadi ketika seorang wanita melakukan hubungan seksual pada masa ovulasi atau masa subur (keadaan ketika rahim melepaskan sel telur matang) dan sperma (air mani) pria pasangannya akan membuahi sel telur matang wanita tersebut. Telur yang telah dibuahi sperma kemudian akan menempel pada dinding rahim, lalu tumbuh dan berkembang selama kira-kira 40 minggu (280 hari) dalam rahim dalam kehamilan normal (Rukiyah, 2014).
Sampai saat ini masalah kesehatan ibu merupakan masalah nasional yang perlu mendapatkan perhatian yang prioritas, khususnya bagi ibu hamil. Sebenarnya masa kehamilan ini merupakan masalah fisiologis dan dapat berjalan dengan normal, tetapi masa kehamilan juga merupakan masa yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janinnya karena terdapat risiko infeksi yang lebih tinggi selama proses kehamilan dan sebaiknya untuk melakukan pemeriksaan kehamilan dimulai sejak ibu merasa atau mengetahui dirinya hamil (Prawirohardjo, 2012).
World Health Organization (WHO) merekomendasikan minimal empat kali kunjungan antenatal, yang terdiri dari intervensi seperti vaksinasi tetanus toxoid, screening dan pengobatan untuk infeksi dan identifikasi tanda-tanda bahaya selama kehamilan. Asuhan Kebidanan yang komprehensif dilakukan dengan melakukan pemeriksaan antenatal care selama minimal 4 kali kunjungan yaitu 1 kali pada trimester I (0-12 minggu), 1 kali kunjungan pada trimester II (13-28 minggu) serta 2 kali kunjungan pada trimester III (28-40 minggu) (WHO, 2014).
Tujuan pemeriksaan antenatal care adalah untuk menjaga agar ibu hamil dapat melalui masa kehamilannya, persalinan dan nifas dengan baik dan selamat serta menghasilkan bayi yang sehat. Adapun tujuan umum ANC adalah untuk memantau kemajuan kehamilan, memastikan kesehatan ibu dan tumbuh bayi, meningkatkan dan mempertahankan kesehatan fisik dan mental dan sosial ibu, mengenal secara dini adanya ketidaknormalan, komplikasi yang mungkin terjadi selama hamil termasuk riwayat penyakit secara umum, kebidanan, dan pembedahan, mempersiapkan kehamilan cukup bulan, melahirkan dengan selamat ibu dan bayinya dengan trauma seminimal mungkin, mempersiapkan ibu agar masa nifas berjalan normal dan pemberian ASI ekslusif serta mempersiapkan peran ibu dan keluarga dalam menerima kelahiran bayi agar dapat tumbuh kembang secara optimal (Marmi, 2011).
Wanita hamil memiliki banyak ketidaknyamanan terutama pada saat kehamilan memasuki trimester I. Trimester I merupakan saat yang rawan bagi perkembangan janin, karena biasanya banyak wanita yang tidak menduga kalau dirinya sedang hamil. Kehamilan baru diketahui ketika usia janin menginjak waktu lebih dari 1 bulan. Pada tahap ini kondisi tubuh mengalami banyak perubahan, terutama perubahan hormonal yang mempengaruhi pada semua sistem organ di dalam tubuh. Kunjungan awal pada pemeriksaan trimester I sangat penting dilakukan bagi ibu hamil. Tujuan dari kunjungan awal ini yaitu untuk mendapatkan perawatan kehamilan, memperoleh rujukan konseling genetik, menentukan apakah kehamilan akan dilanjutkan atau tidak, menentukan diagnosis ada/tidaknya kehamilan, menentukan usia kehamilan dan perkiraan persalinan, menentukan status kesehatan ibu dan janin, menentukan kehamilan normal atau abnormal, serta ada/tidaknya faktor risiko kehamilan, serta menentukan rencana pemeriksaan/penatalaksanaan selanjutnya (Nova, 2011)
Terkait dengan pelayanan kesehatan ibu hamil, hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menunjukkan cakupan pelayanan antenatal bagi ibu hamil di Indonesia semakin meningkat. Hal ini memperlihatkan semakin membaiknya akses masyarakat terhadap pelayanan antenatal oleh petugas kesehatan. Cakupan pelayanan antenatal pertama kali tanpa memandang trimester kehamilan (K1 akses) meningkat dari 92,7% pada tahun 2010 menjadi 95,2% pada tahun 2013. Peningkatan akses ini juga sejalan dengan cakupan ibu hamil yang mendapat pelayanan antenatal pertama pada trimester pertama kehamilan (K1 Trimester 1), yaitu dari 72,3% pada tahun 2010 menjadi 81,3% pada tahun 2013. Demikian pula pada tahapan selanjutnya, cakupan pelayanan antenatal sekurang-kurangnya empat kali kunjungan juga meningkat dari 61,4% pada tahun 2010 menjadi 86,6% pada tahun 2013 (Kemenkes RI, 2014).
Jumlah ibu hamil di Indonesia pada tahun 2014 sebanyak 5.090.215 jiwa. Cakupan penanganan komplikasi kebidanan secara nasional pada tahun 2014 sebesar 74,6%. Cakupan pelayanan komplikasi kebidanan pada tahun 2014 tertinggi terdapat di Provinsi Jawa Tengah yaitu sebanyak 101,1% (Dinkes Jawa Tengah, 2014).
Hasil studi pendahuluan dari dinas kesehatan Banyumas, di tahun 2015 sasaran ibu hamil sebanyak 32.859 jiwa. Cakupan K1 pada tahun 2015 sebanyak 95,7% menurun dibandingkan dengan cakupan K1 pada tahun 2014 yaitu sebanyak 109,4% dengan sasaran ibu hamil sebanyak 30.888 ibu hamil. Sedangkan cakupan K4 pada tahun 2015 adalah sebanyak 89,4%, menurun dibandingkan pada tahun 2014 yaitu sebanyak 95,8%. Penurunan cakupan kunjungan ini hendaknya menjadi evaluasi bagi tenaga kesehatan sehingga ibu hamil terhindar dari resiko selama kehamilan (Dinkes Banyumas, 2016).
Puskesmas Sokaraja I adalah Puskesmas urutan no 2 dengan cakupan ibu hamil terbanyak setelah Puskesmas Purwokerto Selatan yang memiliki cakupan ibu hamil sebanyak 1817 ibu hamil pada tahun 2016. Data yang diperoleh di Puskesmas I Sokaraja, pada tahun 2015 sasaran ibu hamil sebanyak 1313 jiwa. Cakupan kunjungan K1 sebanyak 95,3% dan K4 90,1% dari 1313 ibu hamil di tahun 2015 serta terdapat 328 kasus rujukan, 193 diantaranya adalah kehamilan dan komplikasi. Dibandingkan pada tahun 2014, angka ini meningkat, dari sasaran ibu hamil sebanyak 1325 jiwa, cakupan K1 sebanyak 100% dan cakupan K4 adalah sebanyak 98,3% (Data Rekam medik Puskesmas Sokaraja I).
Ibu hamil di Puskesmas Sokaraja I sebagian besar adalah ibu hamil trimester I (0-12 minggu) yaitu sebanyak 46,5%. Puskesmas Sokaraja I pada tahun 2014 tidak menyumbangkan angka kematian Ibu, namun pada tahun 2015 jumlah AKI di Puskesmas Sokaraja I adalah sebanyak 1 kasus. Puskesmas Sokaraja I memiliki jumlah rujukan ibu hamil paling banyak yaitu sebanyak 328 ibu hamil dibandingkan dengan Puskesmas yang lain. Kasus rujukan yang paling sering adalah kasus ibu hamil sungsang dan preeklamsia berat (Data Rekam Medik Puskesmas Sokaraja I).
Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan pada tanggal 31 Agustus 2016, asuhan kehamilan yang diberikan pada ibu hamil saat kunjungan antenatal care di Puskesmas I Sokaraja meliputi standar 7T yaitu penimbangan berat badan, pengukuran tekanan darah, Pengukuran tinggi fundus uteri, pemberian imunisasi tetanus toksoid sesuai status imunisasi, pemberian tablet tambah darah minimal 90 tablet selama kehamilan, Tes terhadap penyakit menular seksual dan temu wicara dalam rangka persiapan terhadap rujukan. Pelayanan asuhan kehamilan di Puskesmas I Sokaraja sudah lengkap dan baik, sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui apakah asuhan yang diberikan pada ibu hamil trimester I dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.
Berdasarkan data yang diuraikan di atas, maka penulis tertarik untuk mengkaji dan memberikan asuhan kepada ibu hamil fisiologis dengan memaparkannya melalui Studi kasus dengan judul “Asuhan Kebidanan Pada Ibu Hamil Ny.S umur 28 tahun G2P1A0Ah1 umur kehamilan 6 minggu 3 hari di Puskesmas I Sokaraja Kabupaten Banyumas Tahun 2017”.

Ibu hamil
Asuhan kebidanan

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1907
APA Citation
Faradila Nurul Suci. (2017). ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU HAMIL NY.S UMUR 28 TAHUN G2P1A0AH1 UMUR KEHAMILAN 6 MINGGU 3 HARI DI PUSKESMAS SOKARAJA 1 KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2017. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/