Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Pendekatan Nonfarmakologis: Pelvic Tilt Exercise Untuk Mengurangi Nyeri Punggung Ibu Hamil

XML
Pengarang
MARIAH ULFAH, S.Si.T., M.Kes. - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
UNY Press
Tahun Terbit
2017
Tempat Terbit
Yogyakarta
Deskripsi Fisik
vi, 51 hlm; 21 cm

Abstract

Selama kehamilan terjadi adaptasi anatomis, fisiologi dan biokimiawi dalam tubuh ibu hamil, termasuk sistem musculoskeletal. Sejalan dengan bertambahnya berat badan secara bertahap selama kehamilan dan redistribusi pemusatan terdapat pengaruh hormonal pada struktur ligament. Kedua faktor ini merubah postur tubuh ibu hamil menjadikan lordosis, yang kemudian akan berisiko nyeri punggung (Cuningham:2013).
Disamping itu, Menurut Myles 2009, perubahan postur selama kehamilan dan perubahan berat badan secara bertahap akan menyebabkan pusat gravitasi tubuh bergeser ke depan dan jika dikombinasikan dengan peregangan otot yang lemah (diastasis recti) akan menyebabkan lekukan tulang lumbar yang disertai pembulatan pada bahu serta dagu yang menggantung, otot punggung akan memendek dan jika terjadi peregangan otot maka akan menyebabkan ketidakseimbangan otot disekitar pelvis dan tegangan tambahan dapat dirasakan diatas ligament tersebut yang bisa menyebabkan nyeri punggung yang berasal dari sakroiliaka atau lumbar dan dapat menjadi gangguan punggung jangka panjang jika keseimbangan otot dan stabilitas pelvis tidak dipulihkan sertelah melahirkan.
Nyeri punggung sering terjadi pada kehamilan dan hampir terjadi 48-90 persen. Meningkatnya kejadian lordosis dalam kehamilan ditambah lagi dengan efek relaksin pada sendi pelvis dan peningkatan berat badan akan menyebabkan pergeseran anterior dihasilkan di pusat gravitasi semua berkontribusi untuk keluhan nyeri punggung bawah pada pasien yang sedang hamil (Arera, et al, 2002). Pendekatan nonfarmakologis yaitu dengan cara menggunakan sepatu bertumit rendah, menghindari beban berat, tidak membungkuk pada saat mengambil benda serta melakukan latihan khusus salah satunya dengan cara latihan memiringkan panggul (Pelvic Tilt)
Kata kunci: Nyeri Punggung, Kehamilan, Latihan Pelvic Tilt

Terapi Farmakologi

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1917
APA Citation
MARIAH ULFAH, S.Si.T., M.Kes.. (2017). Pendekatan Nonfarmakologis: Pelvic Tilt Exercise Untuk Mengurangi Nyeri Punggung Ibu Hamil. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/