Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Pengetahuan dan Sikap Anak Jalanan Terhadap Perilaku Pencegahan Penularan HIV/AIDS di Purwokerto

XML
Pengarang
Bergas Widadi - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Salah satu masalah kesehatan yang akhir-akhir ini sangat merisaukan masyarakat dunia adalah HIV/AIDS. Hal ini didasari karena penyebaran AIDS yang pesat, pada awalnya hanya terdapat di negara-negara Afrika, tetapi saat ini telah ditemukan hampir di seluruh dunia. Di Indonesia HIV/AIDS dalam 4 tahun terakhir semakin nyata menjadi masalah kesehatan masyarakat. Kelompok yang rawan tertular HIV/AIDS salah satunya adalah golongan anak jalanan. Anak jalanan yang berisiko tinggi adalah yang tidak tertampung dalam wadah pendidikan formal atau informal, yang dikenal sebagai anak jalanan. Faktor-faktor risiko penularan HIV/AIDS pada jalanan adalah penggunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (NAPZA) khususnya jarum suntik, pengetahuan remaja jalanan, sikap remaja jalanan, dan perilaku remaja jalanan.











Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap anak jalanan terhadap perilaku pencegahan penularah HIV/AIDS di Purwokerto.











Penelitian ini menggunakan metode analitik non eksperimental dengan rancangan cross sectional. Besar sampel yang digunakan yaitu 60 orang yang memenuhi kriteria inklusi penelitian. Data penelitian diperoleh dari kuesioner. Variabel independent pada penelitian ini adalah pengetahuan dan sikap anak jalanan sedangkan Variabel dependent adalah perilaku anak jalanan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis univariat atau deskriptif dan bivariat dengan uji statistik chi square (X2).











Hasil penelitian berdasarkan uji statistik chi square yaitu ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan perilaku anak jalanan (X2= 21,170 dan p= 0,001) sikap dengan perilaku anak jalanan (X2= 23,794 dan p= 0,001)
sikap
pengetahuan
HIV/AIDS
periku
anak jalanan

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=200
APA Citation
Bergas Widadi. (2012). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Anak Jalanan Terhadap Perilaku Pencegahan Penularan HIV/AIDS di Purwokerto. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/