Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN LANSIA DALAM MENGATASI KEKAMBUHAN PENYAKIT ARTHRITIS RHEUMATOID DI POSYANDU LANSIA DESA KALI CUPAK LOR KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS

XML
Pengarang
Beti Wijayati - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Artritis rheumatoid merupakan penyakit yang menyerang sendi dan struktur atau jaringan penunjang sekitar sendi. Hal ini terjadi karena gangguan metabolisme dalam tubuh. Secara umum penderita artritis rheumatoid akan merasa nyeri pada sendi dan tulang, dan biasanya mulai terjadi pada usia pertengahan. Perserikatan bangsa-bangsa memperkirakan di tahun 2050 warga lansia di Indonesia akan mencapai kurang lebih 60 juta jiwa. Meningkatnya jumlah lansia pasti akan membutuhkan penanganan yang serius tidak hanya dari petugas kesehatan namun juga peran serta dari keluargan dan pengetahuan lansia itu sendiri.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan lansia dalam mengatasi kekambuhan penyakit arthritis rheumatoid di Posyandu lansia didesa Kalicupak Lor Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini ada 59 lansia, teknik pengambilan sempel menggunakan purposive sampling, instrument yang digunakan berupa checklist, dan analisa data yang digunakan menggunakan analisa univariat.

Hasil penelitian didapatkan yaitu tingkat pengetahuan lansia tentang penyakit arthritis rheumatoid di Posyandu lansia didesa Kalicupak Lor Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas sebagian besar berpengetahuan baik (45,8%) dan cukup baik (45,8%).

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tingkat pengetahuan lansia dalam mengatasi kekambuhan penyakit artritis rheumatoid dalam kategori baik dan cukup baik.
Tingkat pengetahuan
lansia
arthritis rheumatoid
knowledge level
rheumatoid arthritis
elderly

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=202
APA Citation
Beti Wijayati. (2015). GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN LANSIA DALAM MENGATASI KEKAMBUHAN PENYAKIT ARTHRITIS RHEUMATOID DI POSYANDU LANSIA DESA KALI CUPAK LOR KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/