Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Analisis Perbedaan Tingkat Efektifitas Metode Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Ceramah Terhadap Pencapaian Tingkat Pemahaman Tentang Penyakit Gagal Jantung Mahasiswa Semester II Program Studi Keperawatan S1 Stikes Harapan Bangsa Purwokerto

XML
Pengarang
Burhanudin Akhmad - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar belakang : Pendidikan merupakan hal yang paling mendasar untuk tercaiptanya SDM yang berkualitas tinggi. Semakin baik dan efektif pendidikan yang digunakan, maka keluaran dari pendidikan juga akan semakin baik. Penggunaan metode pembelajaran juga mempengaruhi keluaran pendidikan, dan PBL merupakan salah satu metode pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM peserta didik.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dua metode pembelajaran yaitu PBL dan ceramah terhadap tingkat pemahaman mahasiswa tentang penyakit gagal jantung di Stikes Harapan Bangsa Purwokerto.

Metode : Penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperiment dengan desain pre test-post test with control group. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2012. Tekhnik analisis yang digunakan adalah uji statistik paired t-test. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Semester II Program Studi Keperawatan S1 Stikes Harapan Bangsa Purwokerto yang berjumlah 60 mahasiswa. Pengumpulan data diperoleh melalui pengisian kuesioner.

Hasil : Tingkat pemahaman mahasiswa setelah menggunakan metode PBL dalam kategori cukup (rata-rata : 57,56).

Kesimpulan : Metode PBL mempunyai tingkat yang lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa dibandingkan dengan metode ceramah (p value : 0.003<0.05)
metode PBL
metode ceramah
tingkat pemahaman
mahasiswa

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=206
APA Citation
Burhanudin Akhmad. (2012). Analisis Perbedaan Tingkat Efektifitas Metode Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Ceramah Terhadap Pencapaian Tingkat Pemahaman Tentang Penyakit Gagal Jantung Mahasiswa Semester II Program Studi Keperawatan S1 Stikes Harapan Bangsa Purwokerto. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/