Analisis Perbedaan Tingkat Efektifitas Metode Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Ceramah Terhadap Pencapaian Tingkat Pemahaman Tentang Penyakit Gagal Jantung Mahasiswa Semester II Program Studi Keperawatan S1 Stikes Harapan Bangsa Purwokerto
Latar belakang : Pendidikan merupakan hal yang paling mendasar untuk tercaiptanya SDM yang berkualitas tinggi. Semakin baik dan efektif pendidikan yang digunakan, maka keluaran dari pendidikan juga akan semakin baik. Penggunaan metode pembelajaran juga mempengaruhi keluaran pendidikan, dan PBL merupakan salah satu metode pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM peserta didik.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dua metode pembelajaran yaitu PBL dan ceramah terhadap tingkat pemahaman mahasiswa tentang penyakit gagal jantung di Stikes Harapan Bangsa Purwokerto.
Metode : Penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperiment dengan desain pre test-post test with control group. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2012. Tekhnik analisis yang digunakan adalah uji statistik paired t-test. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Semester II Program Studi Keperawatan S1 Stikes Harapan Bangsa Purwokerto yang berjumlah 60 mahasiswa. Pengumpulan data diperoleh melalui pengisian kuesioner.
Hasil : Tingkat pemahaman mahasiswa setelah menggunakan metode PBL dalam kategori cukup (rata-rata : 57,56).
Kesimpulan : Metode PBL mempunyai tingkat yang lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa dibandingkan dengan metode ceramah (p value : 0.003<0.05)
metode PBL metode ceramah tingkat pemahaman mahasiswa
Burhanudin Akhmad. (2012). Analisis Perbedaan Tingkat Efektifitas Metode Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Ceramah Terhadap Pencapaian Tingkat Pemahaman Tentang Penyakit Gagal Jantung Mahasiswa Semester II Program Studi Keperawatan S1 Stikes Harapan Bangsa Purwokerto. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id