Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENGENAI PENYAKIT MENULAR SEKSUAL PADA REMAJA PUTUS SEKOLAH DI DESA KALISALAK KECAMATAN KEDUNGBANTENG

XML
Pengarang
Cahyaningsih - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Penyakit menular seksual (PMS) merupakan penyakit akibat masalah hubungan seks dengan akibatnya dalam bentuk penyakit menular seksual (PMS). Menurutsurvey BPS pada tahun 2012, di kabupaten Banyumas angka remaja putus sekolah sebanyak 506.884 orang remaja atau 70% dan apabila mendapatkan informasi tentang kesehatan reproduksi yang tidak tepat dapat berpotensi menyebabkan PMS.

Penelitian ini bertujun untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehetan mengenai pencegahan penyakit menular seksual pad remaja putus sekolah di desa Kalisalak Kecamatan Kedungbanteng.

Jenis penelitian ini adalah preexperimental design dengan pendekatan one group pretest-posttest designmelaluimedia pendidikan kesehatan. Populasi yang dipilih yaitu remaja putus sekolah usia 12-20 tahundengan sampel sebanyak 80 responden dengan menggunakan proportional stratified sampling. Instrumen berupa kuesioner dengan 33 pertanyaan, kemudian dianalisis menggunakan Wilcoxon Signed Ranks (WRST).

Hasil penelitian didapatkan hasil p value = 0,000 (p<0,05), kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pendidikan kesehatan mengenai pencegahan PMS terhadap tingkat pengetahuan remaja putus sekolah mengenai pencegahan PMS.
pendidikan kesehatan
penyakit menular seksual (PMS)
remaja putus sekolah
sexually transmitted diseases (STDs)
health education
adolescent dropouts

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=209
APA Citation
Cahyaningsih. (2015). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENGENAI PENYAKIT MENULAR SEKSUAL PADA REMAJA PUTUS SEKOLAH DI DESA KALISALAK KECAMATAN KEDUNGBANTENG. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/