Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Terapi Farmakologi Pada Pasien Diabetes Melitus Di Rsud Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto Tahun 2011

XML
Pengarang
Cahyaning Setiyani - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Diabetes melitus telah menjadi masalah kesehatan dunia. Resiko diabetes melitus akan meningkat pada usia ≥ 40 tahun karena terjadi penurunan fungsi endokrin pankreas untuk memproduksi insulin. Tingginya prevalensi diabetes melitus di Indonesia menyebabkan perlunya antisipasi dan tindakan segera dalam penatalaksanaan diabetes melitus, salah satunya melalui pendekatan terapi farmakologi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran terapi farmakologi pada pasien diabetes melitus di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto tahun 2011. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskiptif kuantitatif dengan pendekatan retrospektif. Populasi adalah semua pasien yang menderita diabetes melitus di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto tahun 2011 sebesar 776 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebesar 89 orang. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diambil dari data rekam medik pasien diabtes melitus.

Sebagian besar tipe diabetes melitus responden adalah diabetes melitus tipe II yang lebih disebabkan gaya hidup sebanyak 59 responden (66,3%). Berdasarkan umur presentase tertinggi adalah ≥ 40 tahun sebanyak 80 responden (89,9%), sebagian besar jenis kelamin responden adalah perempuan sebanyak 56 responden (62,9%). Jenis obat yang paling banyak digunakan untuk pasien diabetes melitus adalah insulin sebanyak 49 (55,1%).
Diabetes Melitus
Terapi Farmakologi

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=210
APA Citation
Cahyaning Setiyani. (2012). Gambaran Terapi Farmakologi Pada Pasien Diabetes Melitus Di Rsud Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto Tahun 2011. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/