Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kualitas Pelayanan Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas I Sokaraja Kabupaten Banyumas
Semakin ketatnya persaingan dan pelanggan yang semakin selektif dan berpengetahuan mengharuskan Puskesmas I Sokaraja di Kabupaten Banyumas selaku salah satu penyedia kesehatan untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan terutama pelayanan perawat supaya pasien merasa puas. Setelah Puskesmas I Sokaraja mengupayakan dalam pemberian pelayanan kesehatan yang bermutu namun masih ada keluhan pasien yang merasa kurang puas.
Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui faktor yang berhubungan dengan kualitas pelayanan perawat terhadap kepuasan pasien Rawat Inap di Puskesmas I Sokaraja. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas I Sokaraja Kabupaten Banyumas.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan studi Cross Sectional. Sampel diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling dan didapatkan 97 responden. Analisa yang digunakan yaitu univariat dengan penyajian data menggunakan tabel distribusi frekuensi, sedangkan bivariat menggunakan chi square dan multivariate mengguakan regresi logistic.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik masing-masing mempunyai nilai 0,000 lebih kecil dari 0,005 yang mempunyai hubungan signifikan dengan kepuasan pasien Rawat Inap. Dimensi kualitas pelayanan yang paling berhubungan dengan kepuasan pasien adalah dimensi daya tanggap (responsiviness) yang mempunyai nilai paling kecil yaitu p= 0,025.
Kepuasan Pasien Kualitas pelayanan
Cahya Siska Dwi Anggita. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kualitas Pelayanan Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas I Sokaraja Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id