Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Post Sectio Caesarea Hari I Tentang Mobilisasi Dini Dengan Tingkat Kecemasan Ibu Terhadap Mobilisasi Dini Di Rsud Dr. R Goeteng Taroenadibrata Purbalingga

XML
Pengarang
Cicik Wahyu Lestari - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Kecemasan merupakan satu masalah yang dihadapi oleh ibu post sectio caesarea. Mobilisasi dini merupakan hal yang sangat penting bagi ibu post sectio caesarea karena dapat mempercepat proses penyembuhan. Sayangnya sebagian dari mereka merasa cemas untuk melakukannya karena dianggap bisa membuat jahitannya lebih lama sembuh. Anggapan yang salah tersebut bisa disebabkan oleh kurangnya pengetahuan ibu.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu post sectio caesarea hari I tentang mobilisasi dini dengan tingkat kecemasan ibu terhadap mobilisasi dini di RSUD dr. R. Goeteng Tarunadibrata Purbalingga.

Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional menggunakan teknik accidental sampling, sampel penelitian ini adalah ibu post sectio caesarea hari I yang dirawat di RSUD dr. R. Goeteng Tarunadibrata Purbalingga sebanyak 32 responden. Alat ukur yang digunakan kuesioner pengetahuan dan kuesioner HRS-A (Hamilton Rating Scale for Anxiety dan jenis data adalah data primer. Analisa data menggunakan Spearman Rank.

Hasil penelitian ini adalah sebagian besar responden memiliki pengetahuan cukup yaitu sebanyak 19 responden (59,4%), sebagian besar responden memiliki kecemasan sedang yaitu sebanyak 15 responden (46,9%). Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan ibu post sectio caesarea hari I tentang mobilisasi dini dengan tingkat kecemasan terhadap mobilisasi dini dengan nilai ρ value <α (0,003 < 0,05).
Kecemasan
Pengetahuan Mobilisasi Dini
Ibu Post Sectio Caesarea

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=221
APA Citation
Cicik Wahyu Lestari. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Post Sectio Caesarea Hari I Tentang Mobilisasi Dini Dengan Tingkat Kecemasan Ibu Terhadap Mobilisasi Dini Di Rsud Dr. R Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/