Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

asuhan keperawatan keluarga Tn.M khususnya Ny.N dengan hipertensi di Desa Kalikesur

XML
Pengarang
Damar Pandu Wisesa - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2018
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

Tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah suatu peningkatan tekanan darah di dalam arteri. Hipertensi pada usia >60 tahun jika memiliki ukuran tekanan darah sistolik >150 mmHg dan tekanan darah diastolik >90 mmHg (JNC8, 2014).
Hipertensi adalah peningkatan tekanan darah dari arteri yang bersifat sistemik atau terus menerus untuk jangka waktu yang lama. Hipertensi tidak terjadi secara tiba-tiba, melainkan melalui proses yang cukup lama. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol untuk periode tertentu akan menyebabkan tekanan darah tinggi permanen yang disebut hipertensi (Lingga, 2012).
Penentuan terjadi atau tidaknya hipertensi dengan sistolik >150 mmHg dan diastolik >90 mmHg diperlukan setidaknya tiga kali pengukuran tekanan darah pada waktu yang berbeda. Jika dalam tiga kali pengukuran selama jangka 2-8 pekan angka tekanan darah tetap tinggi, maka patut dicurigai sebagai hipertensi (Lingga, 2012).
Jadi, penyakit hipertensi adalah peningkatan tekanan darah sistolik 140 mmHg atau lebih dan diastolik 90 mmHg atau lebih dan dapat ditentukan dengan pengecekan tekanan darah secara berkala 2-8 minggu apa bila hasilnya menunjukan 140/90 mmHg atau lebih secara terus menerus dapat dicurigai sebagai penyakit hipertensi.
Kebanyakan orang dengan kasus hipertensi tidak mengalami keluhan yang berat dan seolah tidak begitu terasa. Seseorang yang mengalami hipertensi terkadang tidak memperhatikan dan terkadang mengabaikan keluhan yang dirasakan seperti pusing. (Pamungkas, 2012).
Word Health Organisation (WHO) pada tahun 2013 mencatat sedikitnya sejumlah 972 juta kasus hipertensi, diperkirakan menjadi 1,15 milyar kasus pada tahun 2025 atau sekitar 29% dari total penduduk dunia menderita hipertensi. Kejadian hipertensi ini 333 juta berada di negara maju dan 639 sisanya berada dinegara berkembang termasuk Indonesia. Hipertensi menempati peringkat ke 2 dari 10 penyakit terbanyak pada pasien rawat jalan dirumah sakit di Indonesia. Penderitanya lebih banyak wanita (30%) dan pria (29%) (Triyanto, 2014).
Menurut Dinkes (2013) prevalensi hipertensi di Indonesia paling tinggi terjadi pada usia lebih dari 75 tahun sebanyak 63,8 dan sisanya terjadi pada kurang dari 75 tahun sebanyak 36,2. Data Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah 2017, dari sebelas jenis penyakit tidak menular, hipertensi merupakan penyakit tidak menular yang terbanyak dalam masyarakat Jawa Tengah dengan presentase 55% (Dinkes, 2017).
Berdasarkan hasil survey yang penulis lakukan pada Tanggal 18 November 2017 di Desa Kalikesur Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas, telah didapatkan data tahun 2017 terdapat 103 orang yang mengalami hipertensi, dengan jumlah wanita lebih banyak (66%) dari pada pria (34%).
Hipertensi memiliki gejala awal, yang tidak terlalu tampak sehingga sering tidak dihiraukan oleh penderita. Gejala-gejala yang dirasakan penderita hipertensi antara lain pusing, mudah marah, telinga berdengung, sukar tidur, sesak nafas, rasa berat di tengkuk, mudah lelah, mata kunang-kunang, mimisan, muka pucat, suhu tubuh rendah. Gejala-gejala yang sifatnya khusus tersebut akan terasa pada kondisi atau aktivitas tertentu berhubungan dengan perubahan dan proses-proses metabolisme tubuh yang terganggu (Sutanto, 2010).
Berdasarkan data diatas maka penulis tertarik melakukan asuhan keperawatan keluarga Tn.M khususnya Ny.N dengan hipertensi di Desa Kalikesur.


URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2266
APA Citation
Damar Pandu Wisesa. (2018). asuhan keperawatan keluarga Tn.M khususnya Ny.N dengan hipertensi di Desa Kalikesur. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/