Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Asuhan Keperawatan Pada Ny.M Dengan Post ORIF Fraktur Collum Femur Sinistra di Ruang Dahlia RSUD Dr.R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga

XML
Pengarang
Astri Nur Prafitasari - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2018
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

Kemajuan teknologi termasuk kendaraan bermotor baik dalam jumlah dan akselerasi (percepatan) selain membantu manusia juga semakin berisiko terjadinya kecelakaan yang berujung fatal. Jumlah kendaraan bermotor yang semakin meningkat setiap tahun yang tidak diimbangi dengan jumlah ruas jalan akan menimbulkan semakin padatnya jalan raya, sedangkan akselerasi yang semakin canggih meningkatkan kecepatan pengemudi dalam memacu kendaraan bermotor sehingga saat pengemudi mengalami kecelakan yang berakibat fatal, trauma berat, patah tulang (fraktur) bahkan kematian (Gusti, 2008).
Suratum (2008) mengatakan bahwa fraktur adalah patah tulang disebabkan oleh rudapaksa. Prevalensi kejadian fraktur menurut WHO pada tahun 2008 kurang lebih 13 juta, pada tahun 2009 meningkat menjadi 18 juta jiwa dan pada tahun 2010 meningkat kembali dengan prevalensi menjadi 21 jiwa. Dari prevalensi fraktur tersebut tulang panjang ekstremitas atas dan bawah mempunyai prosentase yang lebih banyak dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya (Rivaldy, 2015).
Prevalensi cedera secara nasional oleh berbagai sebab baik disengaja seperti dioperasi, tidak sengaja misalnya terjatuh karena kecelakaan, dan penyebab yang tidak bisa ditentukan adalah 8,2%. Prevalensi tertinggi ditemukan di Sulawesi selatan (12,8%) dan terendah di Jambi (4,5%). Penyebab terbanyak dari cedera adalah jatuh (40,9%) dan kecelakaan sepeda motor (40,6%), selanjutnya cedera karena benda tajam maupun tumpil (7,3%), transportasi darat lain sebesar (7,1%). Penyebab cedera sepeda motor tertinggi ditemukan di Bengkulu (56,4%) dan terendah di Papua (19,4%) adapun untuk transportasi darat lain proporsi tertinggi terjadi di Kalimantan Selatan (10,1%) dan terendah ditemukan di Papua yaitu sebesar (2,5%). Proporsi jatuh tertinggi di Nusa Tenggara Timur (55,5%) dan terendah di Bengkulu (26,6%) proporsi tertinggi terkena benda tajam dan tumpul tertinggi di Papua (29%) dan terendah di Daerah Istimewa Yogyakarta (4,7%) (Riskesdas, 2013).
Prevalensi fraktur di Provinsi Jawa Tengah sekitar 2.700 orang, dari semua insiden tersebut sebanyak 56% penderita mengalami kecacatan fisik, 24% meninggal dunia, 15% mengalami kesembuhan, dan sebanyak 5% mengalami gangguan psikologis. Kejadian fraktur khususnya fraktur ekstremitas bawah akibat kecelakaan memiliki prevalensi yang cukup tinggi diantara fraktur lainnya yaitu 46,2% dari 45.987 dengan kasus fraktur ekstremitas bawah sebanyak 19.629 orang mengalami fraktur pada bagian femur, 14.027 mengalami fraktur pada cruris, 3.775 mengalami fraktur tibia, 970 dengan fraktur tulang kecil, dan 336 orang mengalami fraktur pada bagian fibula (Triono, 2015).
Berdasarkan Survey yang dilakukan di RSUD Dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga tanggal X didapatkan hasil pasien Post Operasi Fraktur tahun 2016 adalah 451 pasien, dan paien Post Operasi Fraktur tahun 2017 adalah 579 pasien.
Metodologi proses keperawatan merupakan metodologi penyelesaian masalah kesehatan klien secara ilmiah berdasar pengetahuan ilmiah serta menggunakan teknologi kesehatan dan keperawatan meliputi tahapan: pengkajian, merumuskan diagnosa keperawatan, perencanaan, implementasi, evaluasi dan pendokumentasian (Maryam, 2011).
Dengan berdasarkan penjelasan diatas penulis tertarik untuk membuat Karya Tulis Ilmiah dengan judul Asuhan Keperawatan Pada Ny.M Dengan Post ORIF Fraktur Collum Femur Sinistra di Ruang Dahlia RSUD Dr.R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga.


URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2267
APA Citation
Astri Nur Prafitasari. (2018). Asuhan Keperawatan Pada Ny.M Dengan Post ORIF Fraktur Collum Femur Sinistra di Ruang Dahlia RSUD Dr.R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/