Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Ny.T Di Desa Kalikesur Rt 04/05 Puskesmas Kedung Banteng

XML
Pengarang
Kartika Barli Utami - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2018
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

Nyeri kronis adalah pengalaman sensorik dan emosional tidak menyenangkan dengan kerusakan jaringan aktual atau potensial, atau digambarkan sebgai suatu kerusakan (internasional association for the study of pain); awitan yang tiba-tiba atau lambat dari intensitas ringan hingga berat, terjadi konstan atau berulang tanpa akhir yang dapat di antisipasi atau di prediksi dan berlangsung labih dari tiga (> 3) bulan (NANDA, 2015)
Diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit kronis yang cukup banyak di derita oleh penduduk dunia, peningkatan jumlah penderita diabetes akan terjadi di negara berkembang Indonesia di sebabkan pertumbuhan dan kurangnya populasi, penuaan, dari keseluruhan faktor resiko DM tipe 2 sekitar 98% dari gaya hidup seperti diet yang tidak sehat, obesitas dan kurangnya aktivitas fisik yang optimal (WHO, 2014)
World Health Organisation (WHO) memprediksikan kenaikan jumlah penyandang diabetes di Indonesia dari 8,4 juta pada tahun 2000 menjadi sekitar 21,3 juta pada tahun 2030. Laporan statistik dari International Diabetes Federation (IDF) menyebutkan, terdapat 230 juta penderita diabetes. Angka tersebut bertambah menjadi 3% atau sekitar 7 juta orang setiap tahunnya. Jumlah penderita diabetes di perkirakan akan mencapai 350 juta pada tahun 2025. Setengah dari angka tersebut berada di Asia, terutama India, China, Pakistan dan Indonesia (Syafey, 2012).
Berdasarkan Profil Kesehatan Jawa Tengah (2013) menunjukan prevalensi DM tipe II di Provinsi Jawa Tengah mengalami penurunan pada bulan Januari dari 0,63% menjadi 0,55% pada bulan September tahun 2012 (Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, 2013). Prevalensi DM tipe I sebanyak 2.480 kasus pada tahun 2013 kemudian meningkat menjadi 3.001 kasus pada tahun 2014, untuk penderita DM tipe II sebanyak 31.608 kasus pada tahun 2013 dan meningkat menjadi 46.741 kasus pada tahun 2014 (Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, 2014).
Berdasarkan data Dinas Kabupaten Banyumas, pada tahun 2016 data kunjungan penderita Diabetes Mellitus di Puskesmas wilayah Kabupaten Banyumas sebesar 563 untuk Diabetes Mellitus tipe 1 dan Diabetes Mellitus tipe 2 sebesar 1,542 (Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, 2016). Berdasarkan data Puskesmas Kedungbanteng tahun 2015-2017 orang yang mengalami Diabetes Mellitus di Desa Kalikesur sebanyak 30 orang, tidak terjadi adanya kenaikan selama 2 tahun terakhir (Puskesmas Kedungbanteng, 2017)
Peran perawat dalam keluarga merupakan suatu tingkah laku yang diharapkan baik oleh individu, keluarga maupun masyarakat terhadap perawat sesuai kedudukannya dalam sistem pelayanan kesehatan. Dalam keluarga sangatlah penting peran seorang perawat yang antara lain, sebagai pendidik yaitu untuk mendidik keluarga agar berperilaku sehat ,sebagai konsultan dan kolaborasi yaitu perawat sebagai narasumber atau penasehat bagi keluarga dalam mengatasi masalah keluarga, sebagai pemberi pelayanan atau pelaksana kesehatan yaitu memberikan asuhan keperawatan kepada individu, keluarga, masyarakat, sebagai pengawas kesehatan yaitu melakukan home visit atau kunjungan rumah yang teratur. Perawat sebagai Role Model yaitu perawat sebagai panutan Perilaku Hidup Bersih Sehat, sebagai fasilitator yaitu untuk menjembatani dan memodifikasi lingkungan untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan menunjang pemenuhan kebutuhan dan keamanan. Perawat sebagai manajer yang mempunyai peran dan tanggung jawab dalam sistem pelayanan kesehatan. Perawat sebagai penemu kasus yaitu dapat melakukan identifikasi fenomena yang terjadi di masyarakat yang dapat mempengaruhi penurunan kesehatan hingga mengancam kesehatan (Faisalado, 2014).
Selama berada di Puskesmas Kedungbanteng peran perawat yang sering di lakukan seperti memberikan informasi tentang kesehatan dengan memberikan asuhan keperawatan keluarga.
Berdasarkan latar belakang diatas penulis tertarik untuk menggambarkan “Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Ny.T Di Desa Kalikesur Rt 04/05 Puskesmas Kedung Banteng ”


Asuhan Keperawatan Keluarga

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2268
APA Citation
Kartika Barli Utami. (2018). Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Ny.T Di Desa Kalikesur Rt 04/05 Puskesmas Kedung Banteng. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/