Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Faktor-Faktor Risiko Terjadinya Hernia di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto

XML
Pengarang
Danang Setioko - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Hernia adalah suatu penonjolan abnormal organ intra abdominal dalam kantong peritoneum melalui suatu defek dinding abdomen bawaan atau yang didapat. Angka kejadian hernia di dunia dengan perbandingan satu diantara 1000 penduduk atau 0,3%. Faktor-faktor risiko terjadinya hernia saat ini belum dapat diketahui dengan pasti. Hal-hal yang dapat menjadi risiko terjadinya hernia adalah kelemahan abdomen, mengangkat beban yang terlalu berat, kegemukan, kebiasaan mengejan saat buang air kecil/besar, kehamilan, ada cairan dirongga perut, riwayat keluarga ada yang menderita hernia, aktifitas fisik yang berlebihan, penekanan tingkat intra abdomen, dan riwayat batuk kronis.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor-faktor risiko terjadinya hernia di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto tahun 2014

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling, dengan melibatkan penderita Hernia di Rumah Sakit Margono Soekarjo Purwokerto pada tahun 2013 sebanyak 48 kasus. Alat ukur yang digunakan lembar cheklist. Analisa data menggunakan distribusi frekuensi.

Hasil penelitian didapatkan sebagian besar responden tidak mempunyai riwayat keluarga dengan hernia (60,4%), mempunyai kebiasaan mengejan saat BAB sebanyak 26 responden (54,2%) dan mempunyai riwayat batuk kronis sebanyak 25 responden (52,1%)

Saran bagi responden diharapkan meningkatkan pengetahuan tentang hernia dengan cara banyak mencari informasi sehingga responden dapat mengerti tentang faktor yang dapat menyebabkan hernia inguinalis.
Faktor-Faktor Risiko
Hernia

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=230
APA Citation
Danang Setioko. (2014). Gambaran Faktor-Faktor Risiko Terjadinya Hernia di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/