Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Perbedaan tingkat stres kerja pada perawat IGD dan ICU di RSUD DR.R.Goetoeng taroenadibrata Purbalingga

XML
Pengarang
Ardyan Syaputra - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
Universitas Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2019
Tempat Terbit
Purwokerto
Deskripsi Fisik

Abstract

ABSTRAK

Tingkat stres kerja yang tinggi berpengaruh kinerja seseorang menurun dan cenderung tidak produktif. Stres pada perawat perlu diatasi, karena apabila seorang perawat mengalami stres yang tinggi akan berdampak pada kualitas pelayanannya. Seorang perawat IGD dan ICU terkena stres maka kinerja dalam memberikan pelayanan keperawatan akan menurun, pada akhirnya akan mendatangkan keluhan dari pasien.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat stres kerja pada perawat IGD dan ICU di RSUD dr. R. Goetoeng Taroenadibrata Purbalingga.
Penelitian in menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan komparatif study dengan pendekatan cross sectional. Responden dalam penelitian ini semua perawat di Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan Intensive Care Unit (ICU) RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dan instrumen yang digunakan yaitu Attribution of Responsibility for Stress Questionnaire (ARSQ). Analisis data menggunakan analisis univariat dan uji wilcoxon.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa usia rata-rata usia perawat Instalasi Gawat Darurat (IGD) 41,91 tahun, berjenis kelamin laki-laki (54,5%) dengan tingkat pendidikan yang paling dominan D3 keperawatan (63,6%). Perawat ICU usia rata-rata 36,09 tahun, berjenis kelamin Perempuan (54,5%), dengan tingkat pendidikan yang paling dominan D3 keperawatan (72,7%). Stres kerja yang paling dominan pada perawat di IGD yaitu stres kerja ringan (63,6%) dan di Intensive Care Unit (ICU) yang paling dominan adalah stres kerja ringan (54,5%). Hasil analisis menunjukan tidak terdapat perbedaan antara stres kerja di Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan Intensive Care Unit (ICU) RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga, p value 0,669 (p > 0,05).
Kata kunci: Stres Kerja, Perawat IGD dan Perawat ICU



URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2316
APA Citation
Ardyan Syaputra. (2019). Perbedaan tingkat stres kerja pada perawat IGD dan ICU di RSUD DR.R.Goetoeng taroenadibrata Purbalingga. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/