Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan komunikasi terapeutik dengan tingkat kecemasan pasien pre operasi dengan lumbal anestesi di instalasi bedah sentral RSUD DR.R.Goeteng Taroenadibrata Purbalingga

XML
Pengarang
Sucipto - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
Universitas Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2019
Tempat Terbit
Purwokerto
Deskripsi Fisik

Abstract

ABSTRAK

Kecemasan merupakan respon terhadap situasi tertentu yang mengancam. Lumbal anestesi merupakan anestesi yang dilakukan pada pasien yang masih dalam keadaan sadar. Salah satu faktor yang dapat menurunkan tingkat kecemasan pasien pre operasi yaitu memberikan komunikasi terapeutik. Komunikasi terapeutik termasuk komunikasi interpersonal dengan titik tolak saling memberikan pengertian antara perawat-klien dengan tujuan membantu klien memperjelas dan mengurangi beban pikiran serta diharapkan dapat menghilangkan kecemasan.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik dengan tingkat kecemasan pasien pre operasi dengan lumbal anestesi di Instalasi Bedah Sentral RSUD dr.R.Goeteng Taroenadibrata Purbalingga.
Jenis penelitian deskriptif analitik dengan metode observasional menggunakan pendekatan survey cross sectional. Populasi dalam penelitian ini semua pasien pre operasi elektif dengan lumbal anestesi. Pengambilan sampel diambil dengan teknik Accidental sampling sejumlah 68 responden. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner tentang komunikasi terapeutik dan Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Analisa data bivariat menggunakan Uji Spearmen-Rank.
Hasil penelitian terdapat hubungan antara komunikasi terapeutik dengan kecemasan pasien pre-operasi dengan p-value 0,000 dan spearman rank sebesar 0,503.
Kesimpulan terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi terapeutik dengan tingkat kecemasan pasien dengan nilai p-value sebesar 0,000 ( p < 0,05).

Kata kunci : komunikasi terapeutik, kecemasan,lumbal anestesi


URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2319
APA Citation
Sucipto. (2019). Hubungan komunikasi terapeutik dengan tingkat kecemasan pasien pre operasi dengan lumbal anestesi di instalasi bedah sentral RSUD DR.R.Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/