Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan komunikasi terapeutik dengan tingkat kecemasan pada pasien pre operasi di instalasi bedah sentral RSUD DR.R.Goetoeng Taroenadibrata Purbalingga

XML
Pengarang
Yeni Pria Tiningsih - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
Universitas Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2019
Tempat Terbit
Purwokerto
Deskripsi Fisik

Abstract

ABSTRAK

Kecemasan pre operasi merupakan suatu respon individu terhadap suatu yang mengancam sebelum dilakukan tindakan operasi. Salah satu faktor yang dapat menurunkan tingkat kecemasan pasien pre operasi yaitu memberikan komunikasi terapeutik. Komunikasi terapeutik termasuk komunikasi interpersonal dengan titik tolak saling memberikan pengertian antara perawat-klien dengan tujuan membantu klien memperjelas dan mengurangi beban pikiran serta diharapkan dapat menghilangkan kecemasan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik dengan tingkat kecemasan pada pasien pre operasi di Instalasi Bedah Sentral RSUD dr.R.Goeteng Taroenadibrata Purbalingga.
Jenis penelitian deskriptif analitik dengan metode observasional menggunakan pendekatan survey cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien pre operasi elektif. Pengambilan sampel diambil dengan teknik Quota sampling sejumlah 113 responden. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner tentang komunikasi terapeutik dan Amsterdam Preoperative Anxiety and Information Scale (APAIS). Analisa data bivariat menggunakan Uji Spearmen-Rank.
Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan antara komunikasi terapeutik dengan kecemasan pasien pre-operasi dengan p-value 0,000 dan spearman rank sebesar 0,421.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu semakin baik komunikasi terapeutik diterapkan, maka kecemasan pasien pre operasi semakin menurun.

Kata kunci : komunikasi terapeutik, kecemasan



URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2320
APA Citation
Yeni Pria Tiningsih. (2019). Hubungan komunikasi terapeutik dengan tingkat kecemasan pada pasien pre operasi di instalasi bedah sentral RSUD DR.R.Goetoeng Taroenadibrata Purbalingga. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/