Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Efektifitas kompres air hangat terhadap penurunan suhu tubuh pada pasien demam di rumah sakit umum an ni'mah wangon

XML
Pengarang
Diki Setiarso - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
Universitas Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2019
Tempat Terbit
Purwokerto
Deskripsi Fisik

Abstract

ABSTRAK
Demam adalah kondisi suhu tubuh diatas 37,5 , demam bukan penyakit, demam merupakan tanda gejala penyakit tertentu yang mengindikasikan adanya gangguan pada pusat regulasi suhu sentral. Suhu tubuh adalah perbedaan antara jumlah panas yang dihasilkan tubuh dengan jumlah panas yang hilang ke lingkungan luar. Kompres merupakan metode pemeliharaan suhu tubuh dengan menggunakan cairan hangat yang bermanfaat untuk menurunkan suhu tubuh pada orang yang mengalami demam. Mengetahui efektifitas kompres air hangat terhadap penurunan suhu tubuh pada pasien demam di Rumah Sakit Umum An Ni’mah Wangon.
Metode penelitian Quasi Experimental Design dengan jenis rancangan penelitian pretest-posttest with control group. Subjek meliputi 32 Responden terdiri dari kelompok kontrol (16) dan kelompok perlakuan (16). Pada kelompok eksperimen peneliti melakukan kompres air hangat selama 5 kali dalam 10 menit. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan wilcoxon dan Mann-whitney. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan sebelum dan sesudah dilakukan kompres air hangat pada kelompok perlakuan dengan mean rank pretest (8,50), posttest (0,00), z (-3,523) dan p value sebesar 0,000 (< 0,05).
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kompres air hangat berpengaruh dalam menurunkan suhu tubuh pada pasien demam di Rumah Sakit Umum An Ni’mah Wangon.

Kata kunci : demam, kompres air hangat, suhu tubuh


URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2321
APA Citation
Diki Setiarso. (2019). Efektifitas kompres air hangat terhadap penurunan suhu tubuh pada pasien demam di rumah sakit umum an ni'mah wangon. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/