Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan pengetahuan perubahan fisik dengan konsep diri remaja di Smp Negeri 1 Kalibening Kabupaten Banjarnegara

XML
Pengarang
Dalya Retno Martdani - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
Universitas Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2019
Tempat Terbit
Purwokerto
Deskripsi Fisik

Abstract

ABSTRAK

Masa remaja merupakan masa sulit karena mereka harus melewati masa penuh masalah. Salah satu masalah yang terjadi pada masa remaja adalah masalah perubahan biologis. Perubahan fisik pada masa pubertas terjadi seiring dengan perkembangan karakteristik seks primer dan sekunder. Perubahan peran, fisik dan psikologis dapat mempengaruhi konsep diri seseorang. Remaja yang tidak mempunyai pengetahuan yang cukup atau informasi yang jelas tentang perubahan fisik yang mereka alami kadang-kadang akan menimbulkan rasa cemas, takut, malu, merasa lain, dan bingung.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan pengetahuan perubahan fisik dengan konsep diri remaja di SMP Negeri 1 Kalibening Kabupaten Banjarnegara.
Desain penelitiannya adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling, sampel penelitian ini adalah siswa di SMP Negeri 1 Kalibening Kabupaten Banjarnegara sebanyak 82 siswa. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisa statistik menggunakan spearman rank.
Hasil penelitian menunjukkan hampir separuh responden memiliki pengetahuan kategori cukup (45,1%), sebagian besar responden memiliki konsep diri positif (64,6%). Ada hubungan pengetahuan perubahan fisik dengan konsep diri remaja di SMP Negeri 1 Kalibening Kabupaten Banjarnegara Tahun 2019 dengan nilai ρ-value sebesar 0,0001.

Kata Kunci: Pengetahuan, Perubahan Fisik, Konsep Diri, Remaja


URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2323
APA Citation
Dalya Retno Martdani. (2019). Hubungan pengetahuan perubahan fisik dengan konsep diri remaja di Smp Negeri 1 Kalibening Kabupaten Banjarnegara. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/