Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan dukungan keluarga dan pengetahuan anak dengan tingkat kecemasan menghadapi menarche pada anak usia sekolah di SD Negeri Ledug Banyumas

XML
Pengarang
Rina Silviatun - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
Universitas Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2019
Tempat Terbit
Purwokerto
Deskripsi Fisik

Abstract

ABSTRAK

Menarche merupakan menstruasi pertama pada anak perempuan. Sebagaian besar wanita saat menarche akan menunjukkan perasaan cemas. Faktor kecemasan yang memengaruhi menarche antara lain dukungan keluarga dan pengetahuan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dan pengetahuan anak dengan tingkat kecemasan menghadapi menarche pada anak usia sekolah di SD Negeri Ledug Banyumas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan stratified sampling sebanyak 36 siswi yang belum mengalami menarche. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner kecemasan Hamilton Rating Scale for Anxiety (HRSA), dukungan keluarga dan pengetahuan. Uji statistik univariat dan bivariat yang digunakan adalah sprearman rank.
Hasil penelitian diketahui bahwa dari 36 responden didapatkan hampir separuh dukungan keluarga kurang sebanyak 17 responden (47,2%), pengetahuan baik sebanyak 15 responden (41,7%), dan lebih dari separuh tidak ada kecemasan sebanyak 20 responden (55,6%). Hasil penelitian terdapat hubungan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan menghadapi menarche dengan nilai p-value 0,028 < α 0,05 dan terdapat hubungan pengetahuan anak dengan tingkat kecemasan menghadapi menarche dengan nilai p-value 0,04 < α 0,05.
Terdapat hubungan dukungan keluarga dan pengetahuan anak dengan tingkat kecemasan menghadapi menarche pada anak usia sekolah di SD Negeri Ledug Banyumas.

Kata kunci : Dukungan Keluarga, Menarche, Pengetahuan, Tingkat Kecemasan


URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2339
APA Citation
Rina Silviatun. (2019). Hubungan dukungan keluarga dan pengetahuan anak dengan tingkat kecemasan menghadapi menarche pada anak usia sekolah di SD Negeri Ledug Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/