Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Faktor- Faktor memengaruhi perilaku hidup bersih dan sehat pada siswa kelas X SMK Dewantara Sumbang

XML
Pengarang
Ika Ariska Apreliani - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
Universitas Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2019
Tempat Terbit
Purwokerto
Deskripsi Fisik

Abstract

ABSTRAK


Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di sekolah sebagai upaya untuk memberdayakan siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah agar tahu, mau dan mampu mempraktikkan PHBS dan berperan aktif dalam mewujudkan sekolah sehat.Penerapan PHBS di sekolah oleh peserta didik, guru dan masyarakat sekolah, akan membentuk mereka untuk memiliki kemampuan dan kemandirian dalam mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih, sehat dan indah.
Tujuan Penelitian inimengetahui tentang faktor-faktor yang memengaruhi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa Kelas X SMK Dewantara Sumbang. Peneitian ini menggunakan survey analitik dengan pendekatan cross sectional dengan instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Sampel yang diteliti sebanyak 84 responden dengan menggunakan teknik total sampling. Analisis data penelitian yang dilakukan menggunakan univariat, bivariat, multivariate dengan uji statistik regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara sikap, pengetahuan, peran guru, sarana prasarana dengan PHBS siswa kelas X di SMK Dewantara Sumbang dan tidak terdapat hubungan antara peran orang tua dengan PHBS siswa kelas X SMK Dewantara sumbang, hasil multivariat menunjukkan faktor yang memengaruhi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa Kelas X SMK Dewantara Sumbang yaitu pengetahuan dan sarana prasarana dengan nilai R square 0,786.




Kata kunci : PHBS, sikap, pengetahuan, peran guru, peran orang tua, sarana prasarana.


URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2344
APA Citation
Ika Ariska Apreliani. (2019). Faktor- Faktor memengaruhi perilaku hidup bersih dan sehat pada siswa kelas X SMK Dewantara Sumbang. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/