Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran kemampuan melakukan activity of daily living (ADL) pada lansia di RW 1 desa Karanggude Kulon Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas

XML
Pengarang
Eriyana Bella Nurgania - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
Universitas Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2019
Tempat Terbit
Purwokerto
Deskripsi Fisik

Abstract

ABSTRAK

Proses menua adalah proses alamiah yang secara fisik dan mental mengalami perubahan yang perlahan-lahan. Secara alami, fungsi fisiologi dalam tubuh lansia menurun seiring pertambahan usianya. Perubahan fisik yang terjadi pada lansia tentunya akan memengaruhi kemandirian lansia. Ketidakmandirian lansia dalam melakukan actyvity daily living akan mengakibatkan perubahan psikologi, sehingga lansia merasa rendah diri dan mengalami penurunan harga diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan melakukan Activity of Daily Living (ADL) pada lansia di RW 1 Desa Karanggude Kulon Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas.
Desain penelitiannya adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampel yang digunakan adalah consecutive sampling, sampel penelitian ini adalah pasien lansia di RW I Desa Karanggude Kulon Karanglewas sebanyak 45 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisa statistik menggunakan distribusi frekuensi.
Hasil penelitian menunjukkan rata usia responden adalah 67,24 tahun, sebagian besar responden berjenis kelamin perempuan (57,8%) dan sebagian besar memiliki pendidikan dasar (71,1%). Kemampuan melakukan Activity of Daily Living (ADL) pada lansia di RW 1 Desa Karanggude Kulon Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas, sebagian besar kemampuan melakukan Activity of Daily Living (ADL) pada lansia adalah mandiri (77,8%).


Kata Kunci: Kemandirian, Activity of Daily Living (ADL), Lansia



URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2360
APA Citation
Eriyana Bella Nurgania. (2019). Gambaran kemampuan melakukan activity of daily living (ADL) pada lansia di RW 1 desa Karanggude Kulon Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/