Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemilihan Alat Kontrasepsi Suntik 3 Bulan Pada Akseptor Kb Suntik 3 Bulan Di Wilayah Kerja Bpm Tuti Barinah Desa Tipar Kidul Kecamatan Ajibarang Tahun 2012

XML
Pengarang
Dayang Fitria Nur Aprilia - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2019
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar belakang : Pencapaian pemakaian KB suntik 3 bulan tertinggi baik di tingkat Nasional, Provinsi, Kabupaten maupun Kecamatan. Berdasarkan survei pendahuluan yang dilakukan peneliti dengan melakukan wawancara kepada Bidan Tuti Barinah menyatakan bahwa sebagian besar akseptor KB suntik 3 bulan yang ada di BPM Tuti Barinah berpendidikan SD, mempunyai tingkat ekonomi menengah ke bawah dan telah mempunyai dua anak atau lebih. Data yang diperoleh dari BPM Tuti Barinah pada bulan Januari 2012 terdapat 138 akseptor yang tertinggi di Kecamatan Ajibarang.

Tujuan : Untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemilihan alat kontrasepsi suntik 3 bulan pada akseptor KB suntik 3 bulan di Wilayah Kerja BPM Tuti Barinah Desa Tipar Kidul Kecamatan Ajibarang Tahun 2012.

Metode : Metode penelitian ini adalah deskriptif korelasi. Populasi semua akseptor KB di wilayah Kerja BPM Tuti barinah Desa Tipar Kidul Kecamatan Ajibarang Tahun 2012 yang berjumlah 138 akseptor. Sampel yang digunakan menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 35 responden. Data analisis menggunakan univariate dan bivariate dengan menggunakan rumus Chi Square.

Hasil : Sebagian besar responden mempunyai pengetahuan yang cukup 54,3%, paritas multipara 54,3%, pendidikan SD dan SMA masing-masing 34,3%, sebanyak 57,1% memilih alat kontrasepsi suntik 3 bulan dan sebanyak 54,3% mempunyai tingkat ekonomi sedang. Hubungan faktor pengetahuan, paritas dan tingkat ekonomi dengan pemilihan alat kontrasepsi suntik 3 bulan (p=0,001 ; 0,007 dan 0, 009, Ho ditolak dan Ha diterima) dan faktor pendidikan (p=0,061, Ho diterima dan Ha ditolak).

Kesimpulan : Terdapat hubungan pengetahuan, paritas dan tingkat ekonomi dengan pemilihan alat kontrasepsi suntik 3 bulan dan tidak ada hubungan antara faktor pendidikan dengan pemilihan alat kontrasepsi suntik 3 bulan.
pengetahuan
paritas
Akseptor
tingkat ekonomi
pendidikan
pemilihan alat kontrasepsi suntik 3 bulan

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=238
APA Citation
Dayang Fitria Nur Aprilia. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemilihan Alat Kontrasepsi Suntik 3 Bulan Pada Akseptor Kb Suntik 3 Bulan Di Wilayah Kerja Bpm Tuti Barinah Desa Tipar Kidul Kecamatan Ajibarang Tahun 2012. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/