Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan burnout dengan stres kerja perawat di ruang rawat inap RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara

XML
Pengarang
Khusnaeni - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
Universitas Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2019
Tempat Terbit
Purwokerto
Deskripsi Fisik

Abstract

ABSTRAK

Rumah sakit sebagai organisasi sosial yang bertanggung jawab terhadap pelayanan kesehatan bagi masyarakat dituntut untuk selalu memberikan pelayanan yang baik. Setiap tempat kerja selalu mengandung berbagai potensi bahaya yang dapat mempengaruhi kesehatan seperti timbulnya stres kerja. Stres kerja merupakan respon fisiologis dan psikologis berbahaya yang dapat terjadi bila pekerjaan tidak sesuai dengan kemampuan. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah burnout. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan burnout dengan stres kerja perawat di ruang rawat inap RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 83 responden. Pengukuran stres kerja ini menggunakan kuesioner Job Stress Scale (JSS) dan pengukuran burnout menggunakan Maslach Burnout Inventory (MBI). Analisis bivariat menggunakan uji spearman rank.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa burnout perawat sebagian besar adalah sedang sebanyak 62 responden (74,7%). Kemudian hasil penelitian tentang stres kerja perawat menunjukkan stres sedang sebanyak 66 responden (79,5%). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara burnout dengan stres kerja perawat di ruang rawat inap RSUD Hj. Anna lasmanah Banjarnegara dengan nilai p value adalah 0,003.

Kata Kunci : Burnout, Stres Kerja, Perawat


URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2384
APA Citation
Khusnaeni. (2019). Hubungan burnout dengan stres kerja perawat di ruang rawat inap RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/