Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran gaya hidup pada penderita diabetes mellitus di wilayah kerja puskesmas Purwokerto Timur II

XML
Pengarang
Ela Liana - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
Universitas Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2019
Tempat Terbit
Purwokerto
Deskripsi Fisik

Abstract

ABSTRAK

Diabetes Mellitus merupakan penyakit metabolik yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah (hiperglikemia) sebagai akibat dari kekurangan sekresi insulin, gangguan aktivitas insulin, atau keduanya. Diabetes Mellitus dapat menimbulkan berbagai komplikasi yang serius jika tidak dikelola dengan baik. Cara mengendalikan Diabetes Mellitus adalah dengan mengatur agar gaya hidup yang sehat antara lain aktifitas fisik, pola makan, mengelola stress dan kontrol gula darah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penderita Diabetes Mellitus di wilayah kerja Puskesmas Purwokerto Timur II. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dan pendekatan cross sectional design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 responden yang diambil dengan cara sampling insidental. Data diambil menggunakan kuesioner dan analisis dengan uji statistik distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 48 sampel pasien Diabetes Mellitus dijumpai 52,1% pasien dengan aktifitas fisik/olahraga yang kurang, 20% pasien dengan pola makan tidak sehat, 22,9% pasien tidak mampu mengelola stress dan 83,3% pasien dapat mengontrol gula darah dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar pasien Diabetes Mellitus yang mengikuti PROLANIS memiliki gambaran gaya hidup yang sehat.


Kata kunci : Diabetes Mellitus, Gaya hidup


URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2386
APA Citation
Ela Liana. (2019). Gambaran gaya hidup pada penderita diabetes mellitus di wilayah kerja puskesmas Purwokerto Timur II. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/