Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien pre operasi benign prostatic hyperlasia (BPH) di ruang Kenanga RSUD Rrof. DR. Margono Soekarjo Purwokerto

XML
Pengarang
Bagus Aji Gunadi - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
Universitas Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2019
Tempat Terbit
Purwokerto
Deskripsi Fisik

Abstract

ABSTRAK

Keperawatan preoperatif merupakan suatu tindakan keperawatan dalam rangka mempersiapkan pasien baik secara fisik maupun mental saat dilakukan tindakan operasi. Komunikasi merupakan salah satu faktor yang berperan penting dalam menentukan kepuasan pasien, karena pelayanan keperawatan yang berkualitas tidak hanya ditentukan oleh ketepatan pelayanan, tetapi bagaimana perawat mampu membina hubungan komunikasi dengan pasien dalam memberikan pelayanan keperawatan demi keberhasilan dan kesembuhan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganilisis hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien pre operasi Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) di RSUD Prof. dr. Margono Soekarjo Purwokerto.
Desain penelitiannya adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampel yang digunakan adalah consecutive sampling, sampel penelitian ini adalah pasien pre operasi Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) di RSUD Prof. dr. Margono Soekarjo Purwokerto sebanyak 37 pasien. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner komunikasi terapeutik dan kuesioner Leiden Perioperative Patient Satisfaction questionnaire (LPPSq). Analisa statistik menggunakan spearman rank.
Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar pasien mengatakan komunikasi teraupetik perawat dalam kategori cukup (56,8%), sebagian besar memiliki tingkat kepuasan kategori puas (43,2%). Ada hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien pre operasi Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) di RSUD Prof. dr. Margono Soekarjo Purwokerto Tahun 2019 dengan nilai ρ-value sebesar 0,0001 ≤ α (0,05).

Kata Kunci: Komunikasi Terapeutik, Kepuasan, Pre Operasi, Benign Prostatic Hyperplasia (BPH)


URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2387
APA Citation
Bagus Aji Gunadi. (2019). Hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien pre operasi benign prostatic hyperlasia (BPH) di ruang Kenanga RSUD Rrof. DR. Margono Soekarjo Purwokerto. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/