Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Efektivitas pendidikan kesehatan dengan media leaflet dan media video terhadap pengetahuan siswa tentang bahaya merokok di SMK Negeri 2 Purwokerto

XML
Pengarang
Yessy Anggraeni - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
Universitas Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2019
Tempat Terbit
Purwokerto
Deskripsi Fisik

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan kesehatan adalah segala upaya yang terencana untuk mempengaruhi, memberikan perlindungan dan bantuan sehingga peserta memiliki kemampuan untuk berperilaku sesuai harapan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendidikan kesehatan dengan media leaflet dan media video terhadap pengetahuan siswa tentang bahaya merokok di SMK Negeri 2 Purwokerto. Metode penelitian ini adalah pre experimental dengan one group pre test post test design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sebanyak 54 siswa kelas X yang kemudian dibagi kedalam dua kelompok sehingga masing-masing kelompok terdapat 27 siswa. Pengukuran pengetgahuan pre test dan post test menggunakan kuesioner kemudian dilakukan analisis dengan uji Wilcoxon dan uji Man Whithney.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa responden didominasi usia 16 tahun dan berjenis kelamin laki-laki. Selain itu pengetahuan sebelum diberi pendidikan kesehatan menggunakan media leaflet pada tingkat pengetahuan cukup sebanyak 33% dan tingkat pengetahuan cukup pada media video sebanyak 29,3%. Tingkat pengetahuan didominasi baik setelah diberi pendidikan kesehatan menggunakan media leaflet sebanyak 77,8% dan 88,9% pada media video. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon didapatkan p value ≤ α (0,001 ≤ 0,05) pada media leaflet dan p value ≤ α (0,000 ≤ 0,05) pada media video, maka ada perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah diberi pendidikan kesehatan. Media leaflet dan media video sama-sama efektif untuk meningkatkan pengetahuan siswa (p-value = 0,278).

Kata Kunci : Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan, Leaflet, Video


URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2388
APA Citation
Yessy Anggraeni. (2019). Efektivitas pendidikan kesehatan dengan media leaflet dan media video terhadap pengetahuan siswa tentang bahaya merokok di SMK Negeri 2 Purwokerto. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/