Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Pemberian Terapi Farmakologi Pada Pasien Congestive Heart Failure ( Chf ) Di Rsud Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto Tahun 2011

XML
Pengarang
Dea Ayu Faradina Octaviany - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Congestive Heart Failure (CHF) merupakan ketidak mampuan jantung untuk memompa darah keseluruh tubuh. Resiko CHF akan meningkat pada orang lanjut usia (lansia) karena penurunan fungsi ventrikel akibat penuaan. Tanda dominan gagal jantung yaitu meningkatnya volume intravaskuler. Gejala dari gagal jantung kiri seperti dyspnea, ortopnea (kesulitan bernafas saat berbaring), batuk, mudah lelah, dan kegelisahan. Gejala deri gagal jantung kanan seperti edema ekstremita bawah, hepatomegali, anoreksia, nokturia (rasa ingin kencing pada malam hari), dan lemah. Terapi farmakologi yang biasa diberikan untuk pasien CHF antara lain: vasodilator, diuretik, dan obat-obat inotropik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemberian terapi farmakologi pada pasien CHF di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto tahun 2011.

Penelitian ini merupakan penelitian deskiptif kuantitatif dengan pendekatan retrospektif. Populasi dalam penelitian ini dari semua pasien yang menderita CHF di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto pada tahun 2011 yang berjumlah 832 orang, jumlah sampel yang diambil sebesar 84 orang, pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling.

Sebagian besar responden diberikan terapi vasodilator lebih dari satu sebanyak 35 orang (41,7%), terapi farmakologi diuretik berupa furosemid sebanyak 54 orang (64,3%), dan terapi farmakologi inotropik yang digunakan berupa digoxin sebanyak 34 orang (40,4%).

Pada pasien CHF ditemukan paling banyak berusia 46 - < 65 tahun, jenis kelamin yang paling banyak perempuan, riwayat penyakit lebih dari satu merupakan riwayat penyakit dahulu yang paling banyak diderita, dan terapi farmakologi yang paling banyak digunakan seperti jenis vasodilator yang lebih dari satu, diuretik menggunakan furosemid, inotropik menggunakan digoxin.
Terapi Farmakologi
Congestive Heart Failure (CHF)

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=239
APA Citation
Dea Ayu Faradina Octaviany. (2013). Gambaran Pemberian Terapi Farmakologi Pada Pasien Congestive Heart Failure ( Chf ) Di Rsud Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto Tahun 2011. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/