Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Pengaruh pemberian jus tomas terhadap penurunan tekanan darah peserta prolanis di puskesmas Purwokerto Selatan

XML
Pengarang
Aisah Yuniana - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
Universitas Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2019
Tempat Terbit
Purwokerto
Deskripsi Fisik

Abstract

ABSTRAK

Hipertensi adalah sesuatu hal yang sangat penting di kehidupan yang harus mendapatkan perhatian khusus, jika penderita hipertensi tidak ditangani akan menyebabkan komplikasi hingga kematian secara tiba-tiba. Penanganan hipertensi dapat dilakukan dengan dua cara yaitu terapi farmakologi dan non farmakologi. Pada terapi nonfarmakologi dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, seperti halnya buah tomat yang dapat digunakan sebagai salah satu untuk terapi non farmakologi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian jus tomat terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi peserta prolanis di Puskesmas Purwokerto Selatan.
Penelitian ini menggunakan metode pra eksperimen. Rancangan pra eksperimen dengan pre-post test one group design. Responden dalam penelitian ini penderita hipertensi peserta prolanis di Puskesmas Purwokerto Selatan sebanyak 23 responden yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis univariate dan t test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tekanan darah sistole sebelum diberikan jus tomat yaitu didapatkan rata-rata 161,30 mmHg dan 105,65 mmHg pada tekanan darah diastole. Setelah diberikan jus tomat rata-rata tekanan darah sistolik mengalami penurunan menjadi 150 mmHg dan 105,65 mmHg pada tekanan darah diastolik. Hasil analisis menyatakan terdapat pengaruh pemberian jus tomat terhadap penurunan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi dengan p value < 0,000

Kata kunci: Hipertensi, Jus Tomat dan Peserta Prolanis


URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2392
APA Citation
Aisah Yuniana. (2019). Pengaruh pemberian jus tomas terhadap penurunan tekanan darah peserta prolanis di puskesmas Purwokerto Selatan. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/