Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan supervisi kepala ruang dengan kedisiplinan perawat ruang rawat inap di RSUD DR. R. Goeteng Taronadibra Purbalingga

XML
Pengarang
Romadhiana Yusuf - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
Universitas Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2019
Tempat Terbit
Purwokerto
Deskripsi Fisik

Abstract

ABSTRAK

Kedisiplinan merupakan salah satu penentu kemajuan atau kemunduran suatu instansi atau perusahaan. Suatu perusahaan yang didalamnya terdapat karyawan yang mempunyai rasa tanggung jawab dan disiplin yang tinggi dapat dipastikan akan dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan produk berkualitas tinggi. Banyak faktor yang mempengaruhi disiplin kerja, salah satunya yaitu dengan supervisi. Supervisi yang dilakukan dengan baik akan memperoleh banyak manfaat antara lain meningkatkan efektifitas kerja dan meningkatkan efisiensi kerja.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan supervisi kepala ruang dengan kedisiplinan perawat ruang rawat inap di RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga.
Desain penelitiannya adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling, sampel penelitian ini adalah perawat ruang rawat inap di RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata sebanyak 63 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner supervisi dan SOP kedisiplinan. Analisa statistik menggunakan spearman rank.
Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar supervisi kepala ruang rawat inap dalam kategori cukup (39,7%). Kedisiplinan perawat ruang rawat inap dalam kategori disiplin (65,1%). Ada hubungan supervisi kepala ruang dengan kedisiplinan perawat ruang rawat inap di RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga Tahun 2019 dengan ρ-value sebesar 0,001.

Kata Kunci: Supervisi Kepala Ruang, Kedisiplinan Perawat


URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2393
APA Citation
Romadhiana Yusuf. (2019). Hubungan supervisi kepala ruang dengan kedisiplinan perawat ruang rawat inap di RSUD DR. R. Goeteng Taronadibra Purbalingga. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/