Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran fungsi seksual pada wanita menopause di desa Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas

XML
Pengarang
Umi Fatonah - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
Universitas Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2019
Tempat Terbit
Purwokerto
Deskripsi Fisik

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang: Aktivitas seksual ketidaknyamanan pada perempuan menopause disebabkan menipisnya dinding vagina. Kekurangan hormon estrogen dan progesterone akan menyebabkan berbagai keluhan. Menipisnya dinding vagina disebabkan menurunnya hormon estrogen yang menyebabkan aliran darah ke vagina berkurang dan sel-sel epitel vagina menjadi tipis, pH vagina meningkat sehingga timbul kekeringan, rasa terbakar, iritasi dan menimbulkan rasa nyeri saat berhubungan seksual.
Tujuan: Penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran fungsi seksual pada wanita menopause di Desa Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.
Metode: Desain penelitiannya adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling, sampel penelitian ini adalah wanita menopause usia 45-55 tahun di RW 1 Desa Ledug sebanyak 33 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner FSFI (Female Sexuale Function Index). Analisa statistik menggunakan distribusi frekuensi.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan hampir seluruh responden mengalami disfungsi seksual sebanyak 32 responden (97%) dan terdapat 1 responden (3%) yang tidak mengalami disfungsi seksual.
Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar wanita menopause mengalami disfungsi seksual pada aspek dorongan dan hasrat.

Kata Kunci: Fungsi Seksual, Wanita Menopause


URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2406
APA Citation
Umi Fatonah. (2019). Gambaran fungsi seksual pada wanita menopause di desa Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/