Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan dukungan keluarga dengan mekanisme koping pada siswa SMP dalam menghadapi ujian nasional

XML
Pengarang
Ika Indri Ani - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
Universitas Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2019
Tempat Terbit
Purwokerto
Deskripsi Fisik

Abstract

ABSTRAK

Ujian nasional berfungsi memutuskan seorang siswa lulus atau tidak lulus, sehingga dapat menimbulkan stres pada siswa. Mekanisme koping merupakan usaha manajemen stress, seseorang dapat bersifat adaptif dan maladaptif. Baik buruknya mekanisme koping seseorang dipengaruhi beberapa faktor yaitu kemampuan personal, dukungan sosial, modal material, dan keyakinan positif. Salah satu dukungan sosial adalah dukungan keluarga. Keberhasilan sesorang siswa dalam ujian nasional sangat dipengaruhi oleh peran keluarganya. Hal ini menunjukkan dukungan keluarga sangat penting bagi para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan mekanisme koping pada siswa SMP dalam menghadapi ujian nasional di SMP Muhammadiyah 2 Bobotsari.
Jenis penelitian yang digunakan adalah rancangan kuantitatif bersifat deskriptif analitik dengan studi korelasi melalui pendekatan waktu cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Responden dalam penelitian ini sebanyak 54.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan mekanisme koping pada siswa SMP dalam menghadapi ujian nasional di SMP Muhammadiyah 2 Bobotsari Kabupaten Purbalingga dengan nilai ρ value 0,03 < ɑ 0,05 dan nilai koefisien korelasi 0,295 yang artinya hubungan kedua variabel tersebut lemah.

Kata kunci : dukungan keluarga, mekanisme koping, ujian nasional





URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2407
APA Citation
Ika Indri Ani. (2019). Hubungan dukungan keluarga dengan mekanisme koping pada siswa SMP dalam menghadapi ujian nasional. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP