Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat pada pasien pra operasi di ruang rawat inap bedah rumah sakit umum daerah AjibarangPelaksanaan komunikasi terapeutik perawat pada pasien pra operasi di ruang rawat inap bedah rumah sakit umum daerah Ajibarang

XML
Pengarang
Ismartiwi Asih Purwanti - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
Universitas Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2019
Tempat Terbit
Purwokerto
Deskripsi Fisik

Abstract

ABSTRAK
Komunikasi merupakan proses suatu pesan dipindahkan dari sumber kepada penerima dengan tujuan merubah pengetahuan, sikap, dan perilaku. Komunikasi terapeutik adalah komunikasi yang bertujuan untuk penyembuhan. Studi pendahuluan didapatkan informasi bahwa pasien belum jelas dengan informasi yang disampaikan perawat tentang operasi dan persiapannya. Penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat di Ruang Rawat Inap Bedah RSUD Ajibarang.
Jenis penelitian kuantitatif, rancangan deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang diteliti adalah pasien pra operasi berdasarkan rumus slovine sebanyak 103 orang, menggunakan kuesioner dengan analisa univariate. Hasil penelitian usia responden tertinggi 74 tahun, terendah 17 tahun, jenis kelamin laki laki lebih banyak dibandingkan perempuan, tingkat pendidikan dasar mempunyai jumlah terbesar. Berdasar hasil kuesioner diperoleh data yaitu pada pertemuan pertama perawat sudah menerapkan tehnik komunikasi terapeutik dengan baik yaitu selalu senyum, salam dan sapa, nilai tertinggi. Pada tehnik menghibur, humor dengan keceriaan sebagai pengeluaran energi karena keadaan, kecemasan dan kondisi, perawat belum berperan optimal. Hasil dari penelitian ini yaitu 70 responden ( 68%) baik, 26 responden (20,2%) cukup dan 7 responden ( 6,8%) kurang.
Kesimpulan : Komunikasi terapeutik pada pasien pra operasi yang dilakukan oleh perawat di Ruang Rawat Inap Bedah RSUD Ajibarang dilaksanakan dengan Baik.

Kata Kunci :Komunikasi Terapeutik , Pra operasi.


URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2412
APA Citation
Ismartiwi Asih Purwanti. (2019). Pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat pada pasien pra operasi di ruang rawat inap bedah rumah sakit umum daerah AjibarangPelaksanaan komunikasi terapeutik perawat pada pasien pra operasi di ruang rawat inap bedah rumah sakit umum daerah Ajibarang. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/