Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Asuhan keperawatan Hipertermi Pada AN. S Dengan Thypoid Di Ruang Cempaka RSUD DR. R Goeteng Taronadibrata Purbalingga

XML
Pengarang
NATASYA ERVINA DESI - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
Universitas Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2019
Tempat Terbit
Purwokerto
Deskripsi Fisik

Abstract

Data Centers for Disease Control (CDC) pada tahun 2014, diperkirakan sekitar 22 juta kasus demam thypoid dan 200.000 kematian yang berhubungan dengan demam thypoid terjadi di seluruh dunia setiap tahun serta sekitar 6 juta kasus lagi dengan demam paratifus diperkirakan terjadi secara tahunan. Secara global diperkirakan setiap tahunnya terjadi sekitar 21 juta kasus dan 222.000 penyebab kematian. Demam thypoid menjadi penyebab utama terjadinya mortalitas dan morbiditas di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah (WHO, 2016).
Pakistan merupakan negara endemik demam thypoid dan penyakit ini merupakan penyebab kematian nomor empat, sebanyak 573,2 per 100.000 penduduk terserang demam thypoid, yang sebagian besar menyerang anak usia prasekolah (1-5 tahun), sedangkan di India dilaporkan sebanyak 340,1 per 100.000 penduduk menderita demam thypoid (Khan dkk., 2013)
Indonesia juga merupakan negara endemik demam thypoid. Diperkirakan terdapat 800 penderita per 100.000 penduduk setiap tahun yang ditemukan sepanjang tahun. Penyakit ini tersebar di seluruh wilayah dengan insiden yang tidak berbeda jauh antar daerah (Widoyo, 2011). Berdasarkan sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR) Kemenkes bagian Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2PL), kasus demam
thypoid di Jawa Tengah selama 3 tahun berturut-turut menempati urutan ke-tiga. Pada tahun 2014 terdapat 17.606 kasus, pada tahun 2015 terdapat 13.397 kasus, sedangkan pada tahun 2016 terdapat sebanyak 244.071.
Demam thypoid dapat menganggu dan menjadi persoalan utama sekaligus berpotensi mengakibatkan keadaan bahaya jika menganggu aktivitas sehari-hari sebab dalam interaksi setiap hari banyak terjadi kontak langsung maupun tidak langsung yang dapat menyebabkan terjadinya penularan dan penyebab penyakit. Faktor yang berpengaruh terhadap terjadinya penyakit thypoid adalah tempat Buang Air Besar (BAB) di tempat selain jamban, dan kualitas fisik air minum yang jelek (keruh, berwarna, berbusa, dan berbau). Bila tak terawat, demam thypoid dapat berlangsung selama tiga minggu sampai sebulan. Penyebab kematian paling umum yang disebabkan oleh demam adalah perforasi usus atau perdarahan usus di tempat nekrosis epitel setempat, yang selanjutnya menimbulkan peritonitis (Rakhman, 2009).
Menurut Lestari (2016) gejala yang paling sering dialami oleh pasien thypoid yaitu demam yang lebih dari satu minggu. Menurut Herdman dan Kamitsuru (2015), diagnosis keperawatan untuk klien dengan masalah termoregulasi meliputi salah satu nya adalah Hipertermia. Hipertermia adalah suhu inti tubuh di atas kisaran normal diural karena kegagalan termoregulasi.
Mengatasi masalah hipertermi dapat dilakukan dengan perawatan demam (Bulechek et al, 2015). Perawatan demam merupakan manajemen gejala dan kondisi terkait yang berhubungan dengan peningkatan suhu tubuh dimediasi oleh pirogen endogen.
Salah satu penatalaksanaan keperawatannya adalah kompres hangat. Beberapa jenis kompres dalam upaya menurunkan suhu tubuh yaitu kompres hangat basah, kompres hangat kering (dengan buli-buli), dan lampu penyinaran. Namun kenyataan pada puskesmas atau rumah sakit tindakan kompres hangat ini sering kali dibebankan kepada keluarga klien, padahal tindakan kompres hangat ini merupakan tindakan keperawatan mandiri yang dilakukan oleh perawat untuk mengatasi demam pada klien (Djuwariyah dkk, 2011).
Berdasarkan penjelasan latar belakang masalah diatas penulis tertarik untuk mengambil studi tugas akhir dengan judul “Asuhan Keperawatan Hipertermi pada An. S dengan Thypoid di Ruang Cempaka RSUD DR. R Goeteng Taroenadibrata Purbalingga”.


URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2436
APA Citation
NATASYA ERVINA DESI. (2019). Asuhan keperawatan Hipertermi Pada AN. S Dengan Thypoid Di Ruang Cempaka RSUD DR. R Goeteng Taronadibrata Purbalingga. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/