Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Asuhan Keperawatan Pada TN. A Dengan Masalah Keperawatan Ketidakefektifan Bersihan Jalan Napas Di Puskesmas Banyumas

XML
Pengarang
PUJIYATI - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
Universitas Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2019
Tempat Terbit
Purwokerto
Deskripsi Fisik

Abstract

Tuberculosis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis (Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia [Permenkes] 2016). Bakteri tuberculosis memerlukan oksigen untuk tumbuh dan kelangsungan hidupnya, energi yang diperoleh dari hasil oksigen senyawa karbon sederhana, karbondioksida dapat merangsang pertumbuhan dengan suhu 30-40⁰C dan akan mati dengan pemanasan pada suhu 60⁰C selama 15-20 menit (Muttaqin, 2014)
Menurut laporan World Health Organization (WHO) tahun 2015, ditingkat global diperkirakan 9,6 juta kasus tuberculosis baru dengan 3,2 juta kasus diantaranya adalah perempuan. Dengan 1,5 juta kematian karena tuberculosis dimana 480.000 ialah perempuan. Jumlah kasus tuberculosis di Indonesia, diperkirakan ada 1 juta kasus tuberculosis per tahun (399 per 100.000 penduduk) dengan 100.000 kematian pertahun (41 per 100.000 penduduk), Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia[Permenkes] 2016).
Berdasarkan Riskesdas Dinas Kesehatan (2013) tiga provinsi dengan tuberculosis tertinggi adalah Jawa Barat dengan prevalensi 0,7%, Papua dengan prevalensi 0,6%, dan DKI Jakarta dengan prevalensi 0,5%. Jawa Tengah berada dalam posisi ketujuh dengan prevalensi 0,4%. Berdasarkan hasil pra survey yang dilakukan di Puskesmas Banyumas pada tanggal 01-31 Oktober 2018 ditemukan sebanyak 49 kasus tuberculosis di Puskesmas Banyumas.
Menurut Muttaqin (2008), gejala tuberculosisadalah, batuk darah, sesak napas, nyeri dada ,berkeringatpada malam hari, anoreksia, penurunan berat badan dan malaise. Tuberculosis juga dapat mempunyai manifestasi atipikal pada lansia, seperti perilaku tidak biasa dan perubahan status mental, demam, anoreksia, dan penurunan berat badan (Brunner dan Suddart, 2013). Tekanan darah dalam kisaran normal, denyut nadi dan respirasi mengalami peningkatan.
Tuberculosis yang tidak diobati dapat menyebabkan terjadinya komplikasi, diantaranya perdarahan saluran pernapasan bagian bawah yang dapat menyebabkan kematian karena sumbatan jalan napas atau syok hipovolemik, bronkiektasis, pneumothoraks, dan penyebaran infeksi ke organ lain seperti otak, tulang, ginjal, sendi dan sebagainya (Smeltzer, 2014). Oleh kerena itu penyakit tuberculosis memerlukan perawatan dan pengobatan supaya tidak terjadi komplikasi.
Pentingnya pemberian asuhan keperawatan pada pasien yang terkena Tuberculosis salah satunya untuk memberikan terapi yang tepat sehingga dapat menurunkan angka kematian karena tuberculosis. Perawat yang dapat memberikan pelayanan yang baik pada klien membuat klien merasa lebih aman dan akhirnya tingkat kecemasannya menurun. Perawatan batuk darah yang komprenhensif bertujuan agar klien dapat beradaptasi dengan keadaannya dan mengurangi tingkat batuk darah serta menghilangkan atau menurunkan tingkat kecemasan (Muttaqin, 2008).
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis tertarik untuk mengambil karya tulis ilmiah “Asuhan Keperawatan Pada PasienTn. A Dengan Masalah Keperawatan Ketidakefektifan Bersihan Jalan Napas Di Wilayah Kerja Puskesmas Banyumas.”


URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2437
APA Citation
PUJIYATI. (2019). Asuhan Keperawatan Pada TN. A Dengan Masalah Keperawatan Ketidakefektifan Bersihan Jalan Napas Di Puskesmas Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/