Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Kejadian Pasien Gangguan Jiwa Yang Mengalami Halusinasi Pendengaran Di Instalasi Pelayanan Kesehatan Jiwa RSUD Banyumas Tahun 2013

XML
Pengarang
Dendi Tunjungsari - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Penderita gangguan jiwa dari tahun ke tahun cenderung meningkat seiring dengan perubahan pola kehidupan di era globalisasi saat ini. Adanya faktor predisposisi maupun faktor presipitasi melatar belakangi tingginya ankga kejadian. Angka kejadian pasien gangguan jiwa dengan skizofrenia dari tahun ke tahun terus meningkat. Jenis halusinasi yang paling banyak diderita oleh pasien dengan skizofrenia adalah pendengaran yaitu 70%.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui angka kejadian pasien gangguan jiwa yang mengalami halusinasi pendengaran di Instalasi Pelayanan Kesehatan Jiwa RSUD Banyumas berdasarkan tingkat pendidikan, umur, dan jenis kelamin. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan retrospektif.Pengambilan sampel menggunakan teknik total samplingdengan sampel sebanyak 44 responden.

Dari hasil penelitian didapatkan pasien laki-laki sebanyak 28 (63,6%), sedangkan perempuan sebanyak 16 (36,4%). Dari segi pendidikan didapatkan pasien tidak Sekolah 2 (4,6%), SD 20 (45,4%), SMP 11 (25%), SMA 10 (22,7%) dan Perguruan Tinggi 1 (2,3%). Dari segi umur, Remaja 3 (6,8%), Dewasa Muda 4 (9,1%), Dewasa Pertengahan 32 (72,7%), dan Dewasa Akhir 5 (11,4%).

Kesimpulannya adalah pasien gangguan jiwa yang mengalami halusinasi pendengaran mayoritas yaitu laki-laki, dan paling banyak berpendidikan Sekolah Dasar. Sedangkan dari segi umur mayoritas berada pada kategori umur dewasa pertengahan yaitu 21-50 tahun.
umur
Jenis Kelamin
pendidikan
skizofrenia
halusinasi pendengaran

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=245
APA Citation
Dendi Tunjungsari. (2014). Gambaran Kejadian Pasien Gangguan Jiwa Yang Mengalami Halusinasi Pendengaran Di Instalasi Pelayanan Kesehatan Jiwa RSUD Banyumas Tahun 2013. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/