Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Asuhan Keperawatan Keluarga TN. M Dengan Masalah Keperawatan Utama Gangguan Rasa Nyaman Pada NY. T Di Puskesmas Purwokerto Selatan Kelurahan Karang Klesem Rt 01 Rw 04

XML
Pengarang
ZAKKIYAH NUR MUKARROMAH - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
Universitas Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2019
Tempat Terbit
Purwokerto
Deskripsi Fisik

Abstract

Hipertensi merupakan suatu peningkatan tekanan darah dengan pengukuran yang berlansung dua kali dalam waktu lima menit pada keadaan cukup istirahat atau tenang. Peningkatan tekanan darah yang berlangsung dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal, jantung, dan otak bila tidak dideteksi secara dini dan pengobatan yang memadai (Kemenkes RI, 2013). Batasan tekanan darah yang masih dianggap normal adalah bila tekanan darah kurang dari 130/85mmHg, sedangkan bila lebih dari 140/90mmHg dinyatakan sebagai hipertensi diperuntukan bagi individu diatas 18 tahun (Wahdah, 2011).
Data WHO (2015) menunjukan sekitar 1,13 miliar orang di dunia menderita hipertensi, artinya 1 dari 3 orang di dunia terdiagnosis menderita hipertensi, hanya 36,8% diantaranya yang minum obat. Jumlah penderita hipertensi di dunia terus meningkat setiap tahunnya, diperkirakan pada tahun 2025 akan ada 1,5 miliar orang yang terkena hipertensi setiap tahun ada 9,4 juta orang yang meninggal akibat hipertensi dan komplikasi.
Prevalensi hipertensi di Indonesia sampai saat ini masih menjadi tantangan besar, berdasarkan survai Kementrian Kesehatan Republik Indonesia yang didapat melalui pengukuran pada penduduk usia ≥18 tahun mengalami peningkatan yaitu 25,8% pada tahun 2013 meningkat menjadi
34,1% di tahun 2018 (Kemenkes RI, 2018). Sedangkan prevalensi di kabupaten Banyumas pada tahun 2015 hasil pengukuran pada penduduk usia ≥18 tahun yang mengalami hipertensi sebanyak 40.254 orang dari 354.000 penduduk Banyumas. Dimana yang mengalami hipertensi terbanyak berjenis kelamin laki-laki sebanyak 34.355 orang dibandingkan jenis kelamin perempuan sebanyak 4.899 orang (Dinkes Banyumas, 2015). Hasil penelitian yang didapatkan di Puskesmas Purwokerto Selatan pada tahun 2018 penduduk yang mengalami hipertensi sebanyak 514 orang.
Hipertensi merupakan gejala dari suatu sindroma, akan memicu pengerasan pembuluh darah sampai terjadi kerusakan target organ terkait, yang merupakan manifestasi dari gangguan kemudian keseimbangan hemodinamik system kardiovaskuler, dimana patofisiologinya adalah multi faktor. Ada banyak faktor resiko yang berperan untuk kejadian komplikasi penyakit kardiovaskuler, ialah faktor resiko mayor seperti hipertensi, dan kerusakan organ sasaran seperti jantung, otak, penyakit ginjal kronik, penyakit arteri perifer, hal ini dapat menimbulkan gangguan rasa nyaman akibat gejala yang di timbulkan (Yogiantoro, 2014). Adapun faktor yang berhubungan dengan gangguan rasa nyaman diantaranya adalah gejala terkait penyakit, kurang kontrol situasi, kurang pengendalian lingkungan, kurang privasi, program pengobatan, stimuli lingkungan yang mengganggu, sumber daya tidak adekuat (misal., finansial, pengetahuan, dan sosial) (Herdman, 2015).

Penatalaksanaan perawatan hipertensi pada penderita hipertensi sangat membutuhkan peran keluarga dalam penanganan dengan baik, artinya dukungan dari anggota keluarga sangat di perlukan. Adanya keterlibatan anggota keluarga secara langsung untuk membantu pasien hipertensi, merupakan suatu wujud dapat berjalannya penatalaksanan perawatan hipertensi dengan baik sehingga penderita hipertensi diharapkan dapat menjaga tekanan darahnya dengan normal. Oleh karena itu keluarga memiliki peran penting dalam pemeliharan kesehatan bagi anggota keluarga yang menderita hipertensi dengan diagnosa keperawatan gangguan rasa nyaman.
Terpenuhinya kebutuhan rasa nyaman yang harus dilakukan oleh keluarga kepada anggota keluarga yang sakit yaitu menciptakan hubungan terapeutik, mendorong pasien untuk mengekpresikan perasannya, menjaga kerapian, kebersihan lingkungan, membatasi pengunjung, terapi saat pasien istirahat, dan memberikan lingkungan yang aman dan nyaman bagi klien. Friedman membagi lima peranan yang dilakukan keluarga yaitu mengenal gejala hipertensi, mampu mengambil keputusan dalam menolong penderita hipertensi, mampu memberi asuhan keperawatan pada anggota yang menderita hipertensi dalam mengatasi masalah dan meningkatkan produktifitas keluarga, dan meningkatkan mutu hidup anggota keluarga yang menderita penyakit hipertensi (Ayu, 2013).

Pencapaian tujuan dalam perawatan kesehatan keluarga yang optimal, diperlukan peran perawat untuk memberikan asuhan keperawatan. Upaya perawat untuk membantu keluarga yang anggota keluarganya menderita hipertensi dengan melakukan perannya, antara lain: mampu mengenal asuhan keperawatan pada keluarga yang menderita penyakit hipertensi, sebagai pengamat masalah dan kebutuhan keluarga, sebagai pemberi pelayanan kesehatan, sebagai role model dan fasilitator (Ayu, 2013).
Hasil penelitian yang diperoleh di Puskesmas Purwokerto Selatan penulis mendapatkan kasus penyakit hipertensi dikeluarga Tn. M bertempat tinggal di Kelurahan Karang Klesem RT 01 RW 04 dengan keluhan jari-jari tangan terasa sakit, nyeri, kesemutan, berat dan sulit digerakan yang mengakibatkan klien mengalami gangguan rasa nyaman. Klien juga mengatakan nyeri pada jari tangan seperti tertusuk-tusuk, skala nyeri 5 dari 10, nyeri dirasakan terus menerus, mengeluh kaki terasa pegal, jantung sering berdebar kencang, sakit kepala dan pusing di pagi hari.
Berdasarkan dari uraian latar belakang diatas penulis tertarik untuk mengambil studi tugas akhir dengan judul “Asuhan Keperawatan Keluarga Tn.M dengan Masalah Keperawatan Utama Gangguan Rasa Nyaman Pada Ny. T Di Puskesmas Purwokerto Selatan Kelurahan Karang Klesem RT 01 RW 04”.


URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2451
APA Citation
ZAKKIYAH NUR MUKARROMAH. (2019). Asuhan Keperawatan Keluarga TN. M Dengan Masalah Keperawatan Utama Gangguan Rasa Nyaman Pada NY. T Di Puskesmas Purwokerto Selatan Kelurahan Karang Klesem Rt 01 Rw 04. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/