Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Asuhan Keperawatan Intoleransi Aktivitas Pada NY. S Dengan Congestive Heart Failure (CHF) Di Puskesmas Purwokerto Barat

XML
Pengarang
YUSTINA KRISTIJATI - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
Universitas Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2019
Tempat Terbit
Purwokerto
Deskripsi Fisik

Abstract

Pembangunan kesehatan di Indonesia saat ini dihadapkan pada dua masalah ganda (double burden). Disamping masalah penyakit menular dan kekurangan gizi terjadi pula peningkatan kasus penyakit tidak menular (Non-Communicable Disease) dan obesitas (gizi lebih) yang merupakan faktor risikonya seperti penyakit hipertensi, diabetes mellitus , kardiovaskuler, stroke dan lain-lain (Ardianta, 2017).
Salah satu masalah kesehatan dalam sistem kardiovaskuler yang jumlahnya meningkat cepat adalah Congestive Heart Failure (Lavine dan Schilling, 2014). Angka kematian di dunia akibat Congestive Heart Failure mencapai 17,5 juta orang pertahun (WHO, 2016). Kasus penyakit Congestive Heart Failure terus mengalami peningkatan diseluruh dunia, di Amerika Serikat kasus penyakit Congestive Heart Failure mencapai 550 ribu kasus per tahun (WHO, 2016).
Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) diagnosis dokter prevalensi penyakit Congestive Heart Failure di Indonesia tahun 2018 sebesar 1,5% atau diperkirakan sekitar 4.500 orang. Berdasarkan diagnosis dokter, estimasi jumlah penderita penyakit Congestive Heart Failure no 1 terdapat di Provinsi Kalimantan Utara sebanyak 6.600 orang (2.2%), sedangkan Provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki jumlah penderita paling sedikit yaitu sebanyak 2.100 orang (0,7%) (Depkes RI, 2018).
Congestive Heart Failure merupakan salah satu penyakit jantung yang sering memerlukan perawatan ulang di rumah. Congestive Heart Failure merupakan suatu kondisi dimana jantung mengalami kegagalan dalam memompa darah guna mencukupi kebutuhan sel-sel tubuh akan nutrien dan oksigen secara adekuat. Hal ini mengakibatkan peregangan ruang jantung (dilatasi) guna menampung darah lebih banyak untuk dipompakan di seluruh tubuh yang menyebabkan otot jantung kaku dan menebal (Udjianti, 2010).
Pasien Congestive Heart Failure akan mengalami perubahan respon fisiologis dan psikologis yang menggangu fungsi dasar kehidupan. Respon akibat Congestive Heart Failure akan berpotensi menimbulkan masalah keperawatan seperti: rawatan Intoleransi aktivitas, keletihan, ansietas, kelebihan volume cairan, kerusakan pertukaran gas, kerusakan integritas kulit, ketidakberdayaan, dan defisit pengetahuan (Smeltzer et al., 2010).
Penurunan curah jantung merupakan masalah serius pada gangguan fungsi kardiovaskuler. Hal ini karena penurunan curah jantung secara patofisiologi dapat menimbulkan dampak atau gangguan pada organ-organ vital diluar jantung sebagai akibat defisit sirkulasi. Misalnya sirkulasi otak, paru, ginjal, hati, limpha dan jantung itu sendiri. Kematian klien dapat terjadi karena kerusakan sel otak, edema paru, gagal ginjal, dan gangguan fungsi hepar (Halimudin, 2013).
Tingginya angka kekambuhan dan perawatan klien Congestive Heart Failure jelas ada ketidakefektifan penatalaksanaan regimen teurapetik yang harus dilaksanakan oleh klien dan keluarga dalam masa perawatan selama di rumah. Hal ini sebagai dampak dari finansial klien setelah dirawat di rumah sakit, yang akhirnya menimbulkan perubahan status sosial ekonomi rumah tangga mereka. Sebaliknya kekambuhan ini secara bertahap akan menimbulkan efek yang cukup besar terhadap kemampuan ekonomi keluarga (Halimudin, 2013)
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis tertarik untuk mengambil karya tulis ilmiah “Asuhan Keperawatan Intoleransi Aktivitas pada Ny. S dengan Congestive Heart Failure di Puskesmas Purwokerto Barat”.

B. RUMUSAN MASALAH
Dari uraian latar belakang di atas penulis merumuskan masalah “Bagaimanakah Gambaran Asuhan Keperawatan Intoleransi Aktivitas pada Ny. S dengan Congestive Heart Failure di Puskesmas Purwokerto Barat?”



URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2485
APA Citation
YUSTINA KRISTIJATI. (2019). Asuhan Keperawatan Intoleransi Aktivitas Pada NY. S Dengan Congestive Heart Failure (CHF) Di Puskesmas Purwokerto Barat. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/