Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Asuhan Keperawatan Nyeri Akut Di Perineum Pada NY. M Dengan Post Partium Normal Hari Ke 1 Di Puskesmas 1 Ajibarang Kabupaten Banyumas

XML
Pengarang
SRI UTAMI - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
Universitas Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2019
Tempat Terbit
Purwokerto
Deskripsi Fisik

Abstract

Persalinan adalah keluarnya atau lahirnya janin dan plasenta dari rahim. Jika lubang vagina tidak cukup teregang sehingga bayi tidak dapat melewatinya dan jika kemungkinan akan terjadi robekan. Episiotomi dilakukan untuk mempermudah proses persalinan dan untuk mencegah robekan yang lebih tidak beraturan dan lebih sulit diperbaiki. Luka robekan karena episiotomi lalu dijahit kemudian ibu dipindahkan ke ruang pemulihan (Wiknjosastro, 2012).
Hasil studi dari Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Bandung, yang melakukan penelitian dari tahun 2009 –2010 pada beberapa Propinsi di Indonesia didapatkan bahwa satu dari lima ibu bersalin yang mengalami ruptur Perineum akan meninggal dunia sebanyak 21,74 % (Wulandari, 2015). Di Indonesia luka perineum dialami oleh 75% ibu melahirkan pervaginam. Pada tahun 2013 dikemukakan bahwa dari total 1951 kelahiran spontan pervaginam, 57% ibu mendapat jahitan perineum (28% karena episiotomi dan 29% karena robekan spontan) (Kemenkes RI, 2013).
Robekan perineum dapat mengakibatkan robekan jaringan pararektal, sehingga rectum terlepas dari jaringan sekitarnya dan untuk diagnosis ruptura perineum tersebut, dapat ditegakkan melalui pemeriksaan langsung. Pada tempat terjadinya perlukaan akan timbul perdarahan yang bersifat arterial atau yang merembes. Penanganan dilakukan dengan dua jari tangan kiri luka dibuka, bekuan darah diangkat, lalu luka dijahit secara rapi. Pada perlukaan tingkat I, bila hanya ada luka lecet, tidak perlu penjahitan. Pada perlukaan tingkat II, hendaknya luka dijahit kembali secara cermat. Lapisan otot dijahit simpul dengan catgut kromik No.0 atau 00, dengan mencegah terjadinya ruang mati. Adanya ruang mati antara jahitan-jahitan memudahkan tertimbunnya darah beku dan terjadinya radang. Lapisan kulit dapat dijahit dengan catgut atau sutera secara simpul. Jahitan hendaknya jangan terlalu ketat, sebab beberapa jam kemudian di tempat perlukaan akan timbul edema (Wiknjosastro, 2012).
Nyeri perineum bisa menjadi persoalan bagi ibu post partum karena akan menimbulkan gangguan ketidaknyamanan dan kecemasan untuk melakukan mobilisasi dini. Nyeri perineum timbul karena adanya kejadian robekan perineum pada saat proses melahirkan. Nyeri perineum akan dirasakan secara berbeda pada setiap ibu post partum, karena setiap ibu post partum memiliki kemampuan yang berbeda dalam beradaptasi dengan rasa nyeri (Tamsuri, 2010).
Nyeri sangat individual, subjektif dipengaruhi oleh kultur, situasi, perhatian dan berbagai variabel psikologi. Ada tiga faktor psikologi yang mempengaruhi dimensi nyeri yaitu sensori diskriminasi, motivasi, dan evaluasi kognitif yang akan saling berinteraksi untuk menghasilkan informasi, persepsi yang akan mempengaruhi pola kompleks tentang karakter nyeri. Metode pemeriksaan berdasarkan jawaban klien secara langsung merupakan indikator yang paling dipercaya untuk penilaian intensitas nyeri. Metode penilaian nyeri dapat digunakan beberapa metode, yaitu secara subjektif dan objektif. Untuk penilaian secara subjektif dapat dinilai dengan beberapa pengukuran berdasarkan pertanyaan terhadap klien. Penilaian secara objektif adalah penilaian oleh penilai tentang beratnya nyeri yang dirasakan oleh klien atau dengan menilai aktifitas klien (Tamsuri, 2010).
Perawatan luka perineum membutuhkan penanganan yang serius agar terhindar dari infeksi dan proses penyembuhan luka berjalan cepat. Perawatan pada masa nifas misalnya dengan cara ibu post partum dianjurkan melakukan perawatan perineum dan menganti pembalut setiap mandi, setelah BAK dan BAB. Ibu nifas juga perlu diajarkan cara cebok yang benar supaya bakteri yang ada pada anus tidak dibawa ke perineum. Faktor gizi juga perlu diperbaiki. Ibu nifas harus mengkonsumsi makanan mengandung protein. Protein dibutuhkan untuk penggantian jaringan, sehingga mempengaruhi proses penyembuhan luka perineum, selain itu ibu harus banyak minum cairan (dianjurkan untuk minum minimal 8 gelas perhari). Luka perineum yang terjadi infeksi berat perlu dirawat di Rumah Sakit supaya mendapatkan terapi yang sesuai dan untuk menyelamatkan jiwa penderita (Varney, 2012).
Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di Puskesmas I Ajibarang pada tanggal 5 – 9 Nopember 2018 mendapatkan data jumlah ibu bersalin di Puskesmas 1 Ajibarang selama bulan Januari-Oktober tahun 2018 sebanyak 316 persalinan dan jumlah ibu bersalin dengan robekan jalan lahir mencapai 245 ibu. Ibu bersalin dengan robekan jalan lahir secara keseluruhan menunjukkan tanda mengalami nyeri pada jalan lahir yag terlihat dari raut muka ibu bersalin, terutama jika menggerakkan anggota badannya. Asuhan keperawatan yang diberikan selama ini dengan menjalankan wewenang yang diberikan oleh dokter dengan memberikan terapi farmakologi.
Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk mengangkat kasus nyeri akut perineum pada ibu post partum dengan berjudul “Asuhan Keperawatan Nyeri Akut di Perineum pada Ny. M dengan Post Partum Normal Hari Ke-1 di Puskesmas I Ajibarang”.


URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2487
APA Citation
SRI UTAMI. (2019). Asuhan Keperawatan Nyeri Akut Di Perineum Pada NY. M Dengan Post Partium Normal Hari Ke 1 Di Puskesmas 1 Ajibarang Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/