Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Adakah Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Tablet Fe dengan Kejadian Anemia di Kelurahan Sokanegara Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas Tahun 2014

XML
Pengarang
Derna Novilia - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Prevalensi kejadian anemia di Indonesia mencapai 50,9% dan prevelensia anemia ibu hamil di Jawa Tengah mencapai 57,7%. Anemia gizi besi pada ibu hamil dapat mengakibatkan dampak yang membahayakan bagi ibu dan janin. Tindakan pencegahan terhadap kejadian anemia dengan mengonsumsi tablet Fe secara rutin dan teratur. Partisipasi ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet Fe, salah satunya berhubungan dengan tingkat pengetahuan ibu hamil tentang suplemen tablet Fe itu sendiri. Jumlah ibu hamil di Kelurahan Sokanegara dengan Hb < 8 gr% adalah sebanyak 28 orang ibu hamil, sedangkan ibu dengan Hb < 10 gr% sebanyak 14 orang ibu hamil.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan ibu hamil tentang tablet Fe dengan kejadian anemia di Kelurahan Sokanegara Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas tahun 2014.

Metode penelitian yang digunakan adalah analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian menggunakan data primer yang diambil pada bulan Juni 2014 di Kelurahan Sokanegara Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 57 orang ibu hamil.

Ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu hamil tentang Tablet Fe dengan kejadian anemia di Kelurahan Sokanegara Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas tahun 2014 dengan hasil uji statistic chi square didapatkan p-value = 0,000 < 0,05.
Ibu hamil
pengetahuan
Tablet Fe

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=251
APA Citation
Derna Novilia. (2014). Adakah Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Tablet Fe dengan Kejadian Anemia di Kelurahan Sokanegara Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas Tahun 2014. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/