Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

TERAPI MENDENGARKAN MUROTAL UNTUK HIPERTENSI 2019

XML
Pengarang
Ikit Netra Wirakhmi, SST, M.Kes - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
UNY Press
Tahun Terbit
2019
Tempat Terbit
Yogyakarta
Deskripsi Fisik
xiv, 70 hlm; 16X23cm

Abstract

Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang paling umum ditemukan dalam praktik kedokteran primer. Hipertensi juga merupakan faktor risiko infark miokard, stroke, gagal ginjal akut dan juga kematian dan prevalensi hipertensi lebih tinggi di kelompok lanjut usia. Peningkatan tekanan darah yang berlangsung dalam jangka waktu lama (persisten) dapat menimbulkan kerusakan pada ginjal (gagal ginjal), jantung (penyakit jantung koroner) dan otak (menyebabkan stroke) bila tidak dideteksi secara dini dan mendapat pengobatan yang memadai. Banyak pasien hipertensi dengan tekanan darah tidak terkontrol dan jumlahnya terus meningkat. Oleh karena itu, partisipasi semua pihak, baik dokter dari berbagai bidang peminatan hipertensi, pemerintah, swasta maupun masyarakat diperlukan agar hipertensi dapat dikendalikan.
Penatalaksanaan hipertensi dapat dilakukan dengan menggunakan obat-obatan, dengan cara modifikasi gaya hidup dan dilengkapi dengan terapi non farmakologi yang aman dan tidak memiliki efek samping. Salah satu terapi non farakologi yang digunakan adalah terapi mendengarkan murotal Al Quran surat Ar Rahman. Pemberian murrotal surat Ar- Rahman akan menimbulkan rasa percaya diri, rasa optimisme (harapan kesembuhan), mendatangkan ketenangan dan kedamaian sehingga mengakibatkan rangsangan ke hipotalamus untuk menurunkan produksi CRF (Corticotropin Releasing Factor). Membaca atau mendengarkan Al Quran juga akan memberikan efek relaksasi, sehingga pembuluh darah nadi dan denyut jantung mengalami penurunan.


URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2528
APA Citation
Ikit Netra Wirakhmi, SST, M.Kes. (2019). TERAPI MENDENGARKAN MUROTAL UNTUK HIPERTENSI 2019. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/