Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Persepsi Remaja Putri Kelas XI Tentang Personal Hygiene Saat Menstruasi Di SMA Negeri Patikraja Kabupaten Banyumas

XML
Pengarang
Desi Nasitasari - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Remaja putri merupakan kelompok yang berisiko tinggi terkena infeksi saluran reproduksi (ISR), akibat kebersihan yang kurang saat menstruasi. Kebersihan itu sendiri salah satunya dipengaruhi oleh persepsi yang baik atau positif. Persepsi dipengaruhi oleh beberapa hal diantarnya yaitu, perbedaan-perbedaan individu, perhatian, kebiasaan dan suasana hati.

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan persepsi remaja putri kelas XI tentang personal hygiene saat menstruasi di SMA Negeri Patikraja Kabupaten Banyumas.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan sampel 63 remaja putri kelas XI di SMA Negeri Patikraja Kabupaten Banyumas. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner.

Hasil penelitian menunjukan dari 63 responden, siswi yang mempunyai persepsi positif tentang personal hygiene saat menstruasi sebanyak 52 responden (82,5%) dan yang mempunyai persepsi negatif tentang personal hygiene saat menstruasi sebanyak 11 responden (17,5%).

Kesimpulan dari penelitian ini didapatkan sebagian besar responden memiliki persepsi yang positif sebanyak 52 responden (82,5%). Berdasarkan hasil penelitian perlu upaya mempertahankan dan menigkatkan perilaku personalhygiene saat menstruasi melalui pihak dari Dinas Pendidikan memberikan pelatihan khusus tentang kesehatan reproduksi yang difasilitasi oleh Dinas Kesehatan setempat agar remaja putri mendapatkan informasi tentang personal hygiene saat menstruasi yang benar sehingga akan mempengaruhi persepsi dan perilaku yang lebih baik.
Remaja Putri
persepsi
personal hygiene saat menstruasi

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=253
APA Citation
Desi Nasitasari. (2014). Gambaran Persepsi Remaja Putri Kelas XI Tentang Personal Hygiene Saat Menstruasi Di SMA Negeri Patikraja Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/