Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Trimester Iii Tentang Persalinan Dengan Rencana Pemilihan Penolong Persalinan Di Wilayah Puskesmas Kalibening Kabupaten Banjarnegara Tahun 2012

XML
Pengarang
Desi Prabawati - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar belakang : Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia sampai saat ini masih cukup tinggi tahun 2009 sebesar 228 per 100.000 KH, AKI pada tahun 2007 sudah jauh menurun, namun masih jauh dari target Millenium Development Goals (MDGs) 2015 yaitu AKI sebesar 102 per 100.000 KH. Cakupan pesalinan oleh tenaga kesehatan di Puskesmas Kalibening Kabupaten Banjarnegara pada tahun 2011 belum memenuhi target 90%, target yang dicapai hanya 80,1% sedangkan cakupan persalinan oleh tenaga non kesehatan sebesar 19,9%.

Tujuan : Untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu hamil trimester III tentang persalinan dengan rencana pemilihan penolong persalinan di wilayah Puskesmas Kalibening Kabupaten Banjarnegara tahun 2012.

Metode : Metode penelitian ini adalah deskriptif korelasi berdasarkan data primer yang diambil dengan menggunakan kuesioner. Populasi semua ibu hamil trimester III di Wilayah Puskesmas Kalibening bulan Juni 2012 yaitu 127 orang.

Sampel yang digunakan menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini 32 responden. Analisis yang digunakan adalah univariate dan bivariate dengan menggunakan chi-square.

Hasil : Sebagian besar responden mempunyai pengetahuan yang kurang tentang penolong persalinan yaitu 16 responden (50%) dan sebagian besar memilih rencana penolong persalinan non medis sebanyak 20 responden (62,5%). Terdapat hubungan pengetahuan ibu hamil trimester III tentang persalinan dengan rencana pemilihan penolong persalinan di Wilayah Puskesmas Kalibening Banjarnegara tahun 2012 dengan Nilai p <α (0,003 < 0,05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Kesimpulan : Terdapat hubungan pengetahuan ibu hamil trimester III tentang persalinan dengan rencana pemilihan penolong persalinan di Wilayah Puskesmas Kalibening Banjarnegara tahun 2012.
pengetahuan
ibu hamil trimester III
Penolong Persalinan

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=254
APA Citation
Desi Prabawati. (2012). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Trimester Iii Tentang Persalinan Dengan Rencana Pemilihan Penolong Persalinan Di Wilayah Puskesmas Kalibening Kabupaten Banjarnegara Tahun 2012. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/