Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Status Gizi Anak Jalanan Di Purwokerto

XML
Pengarang
Destriana Dwi Restiawan - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Peningkatan jumlah anak jalanan akan meningkatkan permasalahan gizi dan kesehatan. Hal ini disebabkan karena anak jalanan termasuk dalam kategori anak-anak dan remaja yang membutuhkan asupan gizi cukup serta kesehatan yang baik untuk mendukung pertumbuhannya. Pengetahuan erat kaitannya dengan bagaimana anak jalanan memilih jenis makanan yang dapat mendukung status gizi mereka.

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan status gizi anak jalanan di Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian analitik non eksperimental dengan rancangan cross sectional. Sampel yang digunakan adalah semua anak jalanan yang tertampung dalam Yayasan Biyung Emban Kelurahan Karangklesem Kecamatan Purwokerto Selatan yang berjumlah 60 anak jalanan. Uji statistik yang digunakan adalah Chi-Square. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2012.

Hasil penelitian ini menunjukan pada 31 responden yang memiliki pengetahuan gizi dalam kategori baik mempunyai status gizi baik sebanyak 29 orang (93,5%). Sedangkan pada 29 responden yang mempunyai pengetahuan gizi kurang mempunyai status gizi kurang yaitu 15 orang (51,7%).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan tingkat pengetahuan dengan status gizi anak jalanan di Purwokerto tahun 2012. (x2 = 15,124 dan nilai signifikansi = 0,0001 < 0,05).
Tingkat pengetahuan
Status gizi anak jalanan

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=266
APA Citation
Destriana Dwi Restiawan. (2012). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Status Gizi Anak Jalanan Di Purwokerto. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/