Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Lansia Dalam Menghadapi Kematian Di Desa Kalilangkap Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes

XML
Pengarang
Dewi Puspitasari - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Kematian merupakan suatu kenyataan yang akan datang kapan saja dan terhadap semua makhluk yang ada didunia ini tanpa kecuali dan tak satu makhluk pun mampu menolaknya. Kematian merupakan mediator untuk proses transendensi manusia itu sendiri. Kecemasan terhadap kematian dimiliki oleh individu yang memandang bahwa kehidupan hanya sekali saja, yakni di dunia ini saja.



Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan pada lansia dalam menghadapi kematian di desa Kalilangkap kecamatan Bumiayu kabupaten Brebes.



Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sampel penelitian ini adalah lansia di desa Kalilangkap. Sampel pada penelitian ini 43 responden.



dari hasil penelitian sebagian besar yang mengalami cemas berdasarkan ketidaktahuan akan proses kematian sebanyak 28 responden (65,2%), berdasarkan pengalaman buruk sebanyak 25 responden (62,5%), berdasarkan adanya penyakit yang di derita sebanyak 34 responden (82.1%), dan berdasarkan dukungan sosial sebanyak 11 responden (21,7%).



dari penelitian ini adalah ketidaktahuan akan poses kematian, pengalaman buruk, adanya penyakit yang diderita, dan dukungan sosial merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kecemasan pada lansia dalam menghadapi kematian.
Kecemasan
Lanjut usia
Kematian

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=287
APA Citation
Dewi Puspitasari. (2013). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Lansia Dalam Menghadapi Kematian Di Desa Kalilangkap Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/