Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

PENGARUH TERAPI MUSIK KLASIK TERHADAP KEMAMPUAN PASIEN MENGONTROL HALUSINASI PENDENGARAN DI INSTALASI PELAYANAN KESEHATAN JIWA RSUD BANYUMAS

XML
Pengarang
Diah Putri Ekowati - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Gangguan halusinasi dapat diatasi denganterapi farmakologi dan nonfarmakologi.Salah satu terapi nonfarmakologi yang efektifadalah mendengarkan musik. Musik memilikikekuatan untuk mengobati penyakit danmeningkatkan kemampuan pikiran seseorang.Ketika musik diterapkan menjadi sebuah terapi,musik dapat meningkatkan, memulihkan, danmemelihara kesehatan fisik, mental, emosional,sosial dan spritual.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi musik terhadap kemampuan pasien mengontrol halusinasi pendengaran di Instalasi Pelayanan Kesehatan Jiwa RSUD Banyumas.

Jenis penelitianpra eksperimendengan pendekatan one group pretest posttest. Sampel yang digunakan adalah accidentalsampling, sampel penelitian ini adalah pasien halusinasi pendengaran sebanyak 27 responden. Analisa statistik menggunakan pairedsamplettest.

Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan mengontrol halusinasi sebelum diberikan terapi musik adalah 33,11, rata-rata kemampuan mengontrol halusinasi setelah diberikan terapi musik adalah 27,33. Ada pengaruh terapi musik terhadap kemampuan pasien mengontrol halusinasi di RSUD Banyumas dengan nilai ρ-value sebesar 0,000.
terapi musik
Kemampuan Mengontrol Halusinasi
music therapy
capability control hearing halusination

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=295
APA Citation
Diah Putri Ekowati. (2015). PENGARUH TERAPI MUSIK KLASIK TERHADAP KEMAMPUAN PASIEN MENGONTROL HALUSINASI PENDENGARAN DI INSTALASI PELAYANAN KESEHATAN JIWA RSUD BANYUMAS. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/