Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Personal Hygiene Pada Lansia Di Unit Rehabilitasi Sosial Dewanata Cilacap

XML
Pengarang
Dwi Diana - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar belakang : Unit Rehabilitasi Sosial Dewanata Cilacap terdapat 90 lansia terdiri dari laki-laki 38, perempuan 52 dan terdapat 8 wisma yang di tempati oleh lansia dan terdapat 1 tempat intensif bagi para lansia yang perlu bantuan secara penuh. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang didapat dari petugas di Unit Rehabilitasi Sosial Dewanata Cilacap didapat data bahwa personal Hygiene di bantu secara penuh yaitu sebanyak 23 lansia atau penerima manfaat (PM), terdiri dari laki-laki berjumlah 3 dan perempuan berjumlah 20. Sedangkan personal hygiene yang dilakukan secara mandiri berjumlah 67 orang.

Tujuan : Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Gambaran Personal Hygiene mandi, ganti pakaian, rambut, gosok gigi Pada Lansia Di Unit Rehabillitasi Sosial Dewanata Cilacap.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan one-shot. Sampel diambil sebanyak 47 responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner dengan 26 pertanyaan dan pernyataan. Jenis data yang digunakan berupa data primer dan menggunakan analisis univariat.

Hasil : Hasil penelitian ini didapatkan bahwa gambaran personal hygiene berdasarkan mandi (70,22%), ganti pakaian (80,86%), rambut (51,07%), dan gosok gigi (57,44%).

Kesimpulan : Kesimpulan dari penelitian ini adalah gambaran personal hygiene pada lansia dengan kebiasaan personal hygiene mandi sedang, ganti pakaian sedang, rambut sedang, dan gosok gigi sedang.
Lanjut usia
personal hygiene

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=326
APA Citation
Dwi Diana. (2013). Gambaran Personal Hygiene Pada Lansia Di Unit Rehabilitasi Sosial Dewanata Cilacap. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/