Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Status Gizi Pada Ibu Hamil dengan BBLR di Ruang Perina RSUD Banyumas Periode Juni-Agustus 2013.

XML
Pengarang
Dwi Intan Ratna Fadilah - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Status gizi pada ibu hamil sangat erat kaitannya dengan berat badan lahir bayi. Dimana status gizi buruk pada ibu hamil sangat berpotensi melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR). Saat ini, data BBLR di Indonesia masih cukup tinggi yaitu sebanyak 21.184. Berdasarkan data persalinan pada tahun 2011 bayi yang lahir di RSUD Banyumas dengan BBLR tercatat 12,51% dari 1519 persalinan. Apabila dibandingkan dengan data BBLR di RSUD Ajibarang pada tahum 2011 tercatat 10,02% dari 980 persalinan, maka RSUD Banyumas memiliki tingkat BBLR yang lebih tinggi.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara status gizi pada ibu hamil dengan BBLR.

Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan tekhnik pengambilan sampel total sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 145 responden. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu melihat catatan rekam medik. Analisis data menggunakan analisis Bivariat dengan uji korelasi Chi Square.

Didapatkan data yang menunjukan hubungan status gizi pada ibu hamil dengan data sebagian besar ibu hamil berada dalam kategori gizi baik yaitu 67 dari 145 responden (46,2%) dan berat badan bayi sebagian besar tidak BBLR yaitu 117 dari 145 bayi lahir (80,7%). BBLR memiliki nilai 0,000. Oleh karena p<0,05 maka menunjukan bahwa terdapat hubungan status gizi pada ibu hamil dengan BBLR.

Berdasarkan hasil analisa tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat status gizi pada ibu hamil dengan BBLR di RSUD Banyumas.
Ibu hamil
Status Gizi
Berat Badan Lahir Rendah (BBLR)

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=334
APA Citation
Dwi Intan Ratna Fadilah. (2014). Hubungan Status Gizi Pada Ibu Hamil dengan BBLR di Ruang Perina RSUD Banyumas Periode Juni-Agustus 2013.. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/