Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PENURUNAN PENGHAYATAN PERASAAN KESEPIAN PADA LANJUT USIA DI BALAI PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA “DEWANATA” CILACAP

XML
Pengarang
Dwi Susanti - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Penuaan merupakan sebuah proses yang terjadi secara alami dan tidak dapat dihindari oleh setiap orang. Masalah psikologi yang pling banyak terjadi pada lanjut usia adalah kesepian. Untuk mengatasi kesepian yang terjadi pada lanjut usia salah satunya dapat dilakukan dengan terapi musik. Salah satu terapi musik yang dapat diterapkan untuk mengatasi kondisi psikologi salah satunya menggunakan terapi musik keroncong.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penurunan penghayuatan kesepian poada lanjut usia di Unit Rehabilitasi Sosial Dewanata Cilacap.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan desaian penelitian cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah lanjut usia di Balai Pelayanan Sosial Lanjut Usia “Dewanata” Cilacap sebanyak 90 lanjut usia. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel secara senagaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Sampel pada penelitian ini sebanyak 32 responden.

Hasdil penelitian terdapat pengaruh jenis kelamin, umur dan terapi musik terhadap penurunan penghayatan kesepian pada lanjut usia di Unit Rehabilitasi Sosial Dewanata Cilacap tahun 2015 (nilai p (0,003; 0,003;002<0,05). Terapi musik merupakan faktor dominan yang berpengaruh terhadap penurunan penghayatan kesepian pada lanjut usia di Unit Rehabilitasi Sosial Dewanata Cilacap (0,002>0,002:0,003).
faktor-faktor yang mempengaruhi
penurunan penghayatan perasaan kesepian
factors influencing
the decline in appreciation of loneliness

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=341
APA Citation
Dwi Susanti. (2015). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PENURUNAN PENGHAYATAN PERASAAN KESEPIAN PADA LANJUT USIA DI BALAI PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA “DEWANATA” CILACAP. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/